Negara Kota Vatikan

Kamu kritis sekali Abigail. Betul sekali kata-katamu. Vatikan memang sebuah kota tapi juga sebuah negara jadi namanya negara kota. Vatikan adalah negara merdeka terkecil di dunia. Kecil karena luas wilayahnya hanya 0,44 km persegi dan populasinya hanya 890 jiwa. Coba kamu bandingkan dengan Indonesia. Bedanya jauh sekali ya.

lambang negara vatikan

Lambang negara Vatikan. Istilahnya, Coat of Arms.

Sejarah Vatikan
Lokasi Vatikan ada di tengah kota Roma di Italia. Dahulu, daerah di Roma ini tidak dihuni dan dianggap keramat oleh masyarakat setempat. Pada tahun 326, gereja pertama dibangun di atas tempat yang diperkirakan sebagai makam Santo Petrus. Mulai sejak saat itu, tempat ini mulai dihuni orang.

Istana Quirinal (istana terbesar di Roma) menjadi tempat tinggal utama Paus sejak tahun 1592 – 1870. Hingga tahun 1871, peran para Paus dalam negara Italia cukup besar. Baik sebagai pemimpin spiritual maupun pemimpin sekuler.

Dikatakan pemimpin sekuler karena Paus ikut serta memerintah beberapa daerah di semenanjung Italia, jadi tidak hanya memimpin bidang agama saja. Kekuasaan ini dimiliki Paus atas Italia selama kurang lebih 1.000 tahun.

Namun waktu berkuasa yang lama itu pun akhirnya berakhir. Unifikasi Italia atau penyatuan Italia menyebabkan daerah kekuasaan Paus disita oleh Kerajaan Italia yang saat itu baru didirikan. Ketika kehilangan kekuasaan sementaranya itulah keuskupan pindah ke istana kedua terbesar, Vatikan. Sementara raja-raja (sekarang para presiden) Italia mengambil alih Quirinal.

istana vatikan

Istana Vatikan, istana terbesar kedua di Roma. Foto: planetware.com

Kedaulatan Vatikan sebagai Negara Kota
Semakin lama luas wilayah kekuasaan kepausan bertambah sempit sampai akhirnya keluar Perjanjian Lateran. Perjanjian ini ditandatangani oleh Benito Mussolini dan Paus tanggal 11 Februari 1929.

Isi Perjanjian Lateran adalah sebagai berikut:
1. Pengakuan Negara Vatikan di bawah pemerintahan Tahta Suci
2. Status istimewa bagi agama Katolik di Italia
3. Ganti rugi terhadap Vatikan atas kerugian yang diderita saat negara Italia didirikan.

Vatikan menjadi tempat tinggal Paus dan wilayah Takhta Suci, otoritas pusat Gereja Katolik. Istilah Takhta Suci mengacu pada kekuasaan legislatif, eksekutif, yudikatif yang dipegang oleh Paus sebagai pemimpin negara sekaligus pemimpin Gereja Katolik Roma di dunia. Takhta Suci mempunyai hak yang sama dengan sebuah negara berdaulat.

paus benediktus XVI

Paus Benediktus XVI, pemimpin Vatikan

Jadi meskipun luasnya kecil, Vatikan memiliki stasiun kereta api sendiri, pasukan keamanannya sendiri, layanan pemadam kembakaran dan ambulans sendiri, surat kabar sendiri, juga bank sendiri.

Sebetulnya masih banyak hal yang dimiliki oleh Vatikan. Satu hal yang menarik adalah Vatikan sebagai satu-satunya negara kota dengan stasiun radio sendiri yang disiarkan dalam 34 bahasa ke seluruh dunia dengan antena terbesar di dunia. Semuanya serba milik sendiri. Bisa dibilang Vatikan itu kecil-kecil cabe rawit.

comments powered by Disqus