Tembok Cina

Nes, kenapa sih, bisa ada tembok raksasa di Cina?

Teresa Lim

Hai Teresa! Nesi siap menjawab pertanyaan kamu, nih! Ikuti, yah! Tembok sepanjang 6.400 kilometer ini merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat manusia. Tingginya mencapai 8 meter dengan lebar bagian atas 5 meter dan bagian bawah mencapai 8 meter.

Tembok Cina

Tembok ini panjangnya 6.400 km. Huaah panjang banget. Foto: indotoplist

Tembok ini sengaja dibuat untuk mencegah serbuan dari bangsa Mongol yang tinggal di bagian utara Tiongkok. Makanya, di tembok ini juga ada menara pengintai. Tingginya sekitar 11-12 meter.

Waktu yang diperlukan untuk membangun tembok Cina cukup lama, loh! Dari berbagai dinasti!

Awalnya diperkirakan dibangun oleh Qin Shi-huang. Tepatnya pada saat Zaman negara-negara berperang. Kemudian terus diperbaharui oleh dinasti berikutnya.

Sejarah pembangunan Tembok Besar Tiongkok dapat dilacak sampai abad ke-9 sebelum Masehi. Pada waktu itu, pemerintahan di bagian tengah Tiongkok menyambung benteng dan menara api.

Kedua bangunan merupakan pos penjagaan tentara di perbatasan dan menjadi satu tembok panjang sekaligus menangkis serangan etnis-etnis dari bagian utara Tiongkok.

Peperangan terus berlanjut. Negara-negara itu juga terus membangun tembok besar sebagai benteng pertahanan.

Lalu, di tahun 221 sebelum Masehi, Kaisar Qinshihuang menyatukan Tiongkok. Setelah itu, Kaisar Qinshihuang memerintahkan agar tembok-tembok yang dibangun oleh berbagai negara itu disambung menjadi satu tembok besar.

Penyatuan tembok itu sebagai kubu pertahanan untuk menangkis serangan pasukan kavaleri etnis nomadik di padang rumput Monggolia bagian utara Tiongkok.

Sepeninggal Qin Shi-huang, pembuatan tembok ini sempat terhenti dan baru dilanjutkan kembali di zaman Dinasti Sui, terakhir dilanjutkan lagi di zaman Dinasti Ming. Bentuk Tembok Raksasa yang sekarang kita lihat adalah hasil pembangunan dari zaman Ming tadi.

Tembok Cina

Bangunan yang menakjubkan. Ck..ck..gimana cara ngebuatnya, yah? Foto: indotoplist

Bagian dalam tembok berisi tanah yang bercampur dengan bata dan batu-batuan. Bagian atasnya dibuat jalan utama untuk pasukan berkuda Tiongkok.

Tembok Besar yang kita sebut sekarang kebanyakan adalah tembok besar yang dibangun pada Dinasti Ming yang berkuasa antara tahun 1368 dan 1644.

Sebagai kubu pertahanan, Tembok Besar dibangun dengan mengikuti jalannya puncak pegunungan. Topografi yang dilewatinya sangat rumit, antara lain, gurung pasir, padang rumput dan rawa.

Untuk menyesuaikan diri dengan berbagai topografi, pelaksana pembangunan Tembok Besar menerapkan struktur yang luar biasa dan berbeda-beda. Ini menunjukkan kecerdasan nenek moyang bangsa Tionghoa.

Walaupun sudah tidak digunakan untuk berperang, tembok ini menjadi pusat perhatian dunia. Enggak diragukan lagi kalau Tembok Raksasa Cina dianggap sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia.

Bahkan pada tahun 1987, bangunan ini dimasukkan dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Kapan-kapan Nesi mau main ke Tembok Raksasa CIna, aah! (Kidnesia/Indotoplist)

    Alif
    1-02-2011 08:38
  • Wah, sejarahnya ternyata Seru ya.....
    Annisa Mayang Sari
    21-02-2010 04:36
  • wow Shocked Rolling Eyes
    iyos sweety
    29-01-2010 08:04
  • oh,gitoe..... Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Laughing Laughing Cool Confused
    teresa lim
    28-01-2010 08:37
  • makasih ya nesi udah jawab pertanyaan ku Laughing Laughing Laughing Embarassed Crying or Very sad

Comment n Share on your facebook