Dikhianati Sahabat
Dikhianati sahabat

ilustrasi: clipart.com

Tante Della.. Aku Fadiyah.. Aku ingin meminta saran dari tante. Aku punya seorang sahabat inisialnya D.. Dia itu sudah aku anggap sebagai Saudaraku sendiri.

Tapi, dia menghianatiku. Dia pergi ke teman-temanku dan menceritakan sesuatu yang bertentangan denganku.

Istilahnya men-"Cerita Belakang" sehingga semua teman menjauhiku. Apa yang harus aku lakukan tante. Apakah aku harus menjauhinya,, atau tetap bersahabat dengannya?

Sekiian.. :)

Jawaban: 

Fadiyah Sayang.. 

Tante bisa merasakan 'sakit hati'-nya kamu dikhianati sama sahabat, yang selama ini justru sudah kamu anggap saudara sendiri.

Tante berharap Fadiyah bisa melihat situasi ini sebagai pelajaran, karena nanti ketika kita sudah dewasa, akan banyak masalah seperti ini atau bahkan lebih berat lagi, yang bisa kita alami.

Nah..dengan adanya kejadian ini, Fadiyah dapat melihat bahwa ada berbagai sifat dan karakter manusia, dimana apa yang mereka perlihatkan pada kita belum tentu sesuai dengan apa yang ada di dalam hatinya.

Banyak penyebab mengapa seseorang membicarakan keburukan seseorang di belakang. Bisa karena ia justru melihat bahwa dirimu punya banyak kelebihan, dan ia ingin menyamaimu tetapi merasa tidak mampu. Atau bisa juga ia pernah dikecewakan olehmu, tetapi tidak menyampaikan rasa sakit hati itu secara terbuka.

Bisa juga, ini adalah kebiasaan yang ia lakukan untuk mendapatkan perhatian oranglain. Dengan bercerita 'heboh' tentang dirimu, maka ia akan menjadi 'orang penting' yang didengarkan oleh teman-temanmu yang lain. Jadi, kamu dijadikan objek percakapannya saja.

Apapun alasannya, perilaku seperti ini jelas merugikan dan keliru. Untuk menjadi sahabat sejati, dia harus memperbaiki sikapnya ini.

Jika tidak, suatu saat ketika teman-teman mengetahui bahwa semua itu 'bohong' maka mereka pun akan menjauhinya.

Fadiyah..

Di sini kamu diuji untuk tetap bisa mempertahankan sikap dan perilaku baikmu. Ketika kamu tidak terpengaruh, tidak ikut-ikutan membicarakan keburukan sahabatmu kepada teman-teman lain, maka teman-teman bisa menilai siapa sebenarnya yang keliru.

Fadiyah juga tidak perlu memusuhi sahabatmu itu.. Cobalah untuk tetap tersenyum, menerima dia apa adanya, sambil pelan-pelan mendekati dia kembali.

Tunjukkan bahwa Fadiyah memang anak yang ramah dan mampu mengendalikan emosi/rasa marah. Dengan demikian kamu akan membuat teman-teman semakin mengagumimu..

Dikhianati sahabat

ilustrasi: clipart.com

Fadiyah yang manis..

Kalaulah sahabatmu dapat menyadari kesalahannya, cobalah untuk memaafkan dan beri tahu perilaku yang harus ia perbaiki agar itu tidak terulang lagi.

Tetapi, jika ia tidak mau mengakui dan tetap bertahan dengan perilaku buruknya tersebut.

Maka Fadiyah tidak perlu terlalu bersedih dan kecewa berlarut-larut, karena masih banyak teman-teman lain yang ingin bersahabat denganmu.

Kita tidak bisa memaksakan kehendak oranglain untuk terus menerus dekat dengan kita..kecuali jika ia merasa nyaman dan cocok. Iya kan?

Okey deh Fadiyah.. Sekian dulu pendapat dari tante.. Semoga bermanfaat untukmu, saat mengambil sikap dan tindakan dari masalah ini.

Tante selalu mendoakan semoga persahabatanmu tetap utuh, bahkan kamu dapat menambah teman dan sahabat lebih banyak lagi.... aamiin..

Salam
Tante Della

comments powered by Disqus