Sahabatku Menjauh

Dear Tante Della,

Aku Ave Maria. Panggil aja aku Ave. Sekarang aku kelas 6 SD di kelas B. Aku punya temen dari kelas A. Sebut saja G. Nah, si G ini dari kelas 1 sampai kelas 5 sekelas sama aku terus.

Pas kelas 5, Pak Guru suruh semua murid buat kelompok untuk mengerjakan tugas. Aku sama G dimasukkan dalam satu kelompok.

Aneh, meski sudah tetap kelompoknya dia lebih memilih temen lain yang enggak pernah deket sama G (sebut saja D). Aku jadi ke kelompok lain.

Pas di kelas 6 ini (karena lain kelas) aku sama G jaraaaang sekali deket. G ini kembali sekelas dengan teman masa kecilnya (sebut saja EF). Aku pikir, G jarang deket sama aku karena si EF.

Mungkin, G takut dimusuhin EF karena dikira EF lupa sama dia.... Tapi kenapa G gak pernah deketin aku lagi karena cuma gara-gara hal itu?
 
Dia juga lebih deket sama D. Aku juga waktu itu pernah nanya bagaimana cara main volley, tapi dia cuek. Aku cuma deket sama kakaknya (kakaknya terlambat masuk TK, jadinya sama-sama kelas sama adeknya (G) yg beda 1 thn). Kakaknya sekelas sama aku sekarang.

Tante Della, apakah G lupa sama aku? Apakah sebenarnya D pengen jauhin aku dari si G? Atau emang bener G takut dimusuhin sama EF? Perlukah aku curhat sama kakaknya?

Thanks ya, Tante atas jawabannya. Maaf jika terlalu panjang..
 
Love,
Ave M

Ave sayang..

Tante senang melihat gadis sepertimu, karena kamu sangat setia kawan. Semestinya siapapun akan bahagia punya sahabat sepertimu karena kamu orang yang peduli, sangat perhatian, dan menghargai kenangan-kenangan masa lalu baik dikala senang maupun susah.

Termasuk G, tante sangat yakin bahwa dia tahu kamu teman yang baik, apalagi kalau selama ini kamu tidak pernah menyakiti hatinya.

Kenapa dia mulai menjauh?

Sebenarnya banyak faktor penyebabnya Ve? Bisa seperti yang Ave bilang, karena ada teman lain seperti EF yang sangat ingin selalu bersama G, sehingga seakan-akan 'merebut' G dari dirimu.

Tapi, bisa juga karena kalian sudah bersama-sama sejak kelas 1, membuat G ingin mencoba menambah teman-teman baru.

sahabat

Sahabat lamaku mulai menjauh, kenapa, yah? Apa yang salah denganku? Foto: blogdetik

Ini wajar loh Ve, karena kalian kan semakin besar, jadi pasti ada rasa ingin mencoba berkenalan dengan orang-orang baru tapi bukan karena benci dengan teman yang lama, loh..

Nah, Ave pun sebenarnya bisa melakukan hal yang sama karena menambah teman baru akan menambah wawasanmu juga tentang tipe-tipe teman sehingga kamu jadi lebih pandai bersosialisasi.

Meski kamu tipe teman yang setia, tapi tidak ada salahnya untuk mengenal teman baru, tanpa harus memutus hubungan persahabatan dengan teman yang lama.

Jadi, ketika teman yang lama mulai menjauh (apalagi setelah kelasnya dipisah), maka kamu enggak akan merasa ditinggalkan karena ada teman-teman baru yang menggantikannya.

O, iya, Ve, sosialisasi itu penting, loh, untuk mengembangkan dirimu sehingga nanti di saat dewasa, kamu akan menjadi orang yang menyenangkan siapa saja.

Begini, Ve, kalau kamu hanya mempunya teman yang itu-itu saja, maka kamu tidak akan punya kesempatan belajar mengenali orang lain yang bisa jadi justru jauh lebih menarik dan menantang.

Contohnya, sekarang Ave dekat sama kakaknya G, itu bagus sekali. Menurut tante, cobalah mengenal dia lebih baik. Jadi, kalau kamu dekat sama dia bukan karena ingin curhat mengeluhkan G melainkan memang ingin tulus berteman.

Coba, deh, kalau kamu jadi dia, pasti juga tidak akan senang jika ternyata kamu mendekat hanya karena ingin mengorek-ngorek informasi tentang adiknya. Jadinya, dia nanti merasa hanya dimanfaatkan olehmu. Kasian, kan?

Nah, Ve, mulai besok cobalah untuk seru-seruan menikmati aktivitas dengan teman-teman yang lain supaya G melihat bahwa kamu sebenarnya juga bisa main dengan siapa saja selain dia.

Tante yakin, setelah dia melihat sikapmu yang asik dan terbuka sehingga punya banyak teman, maka dia pun akan menghargai dan bahkan kembali mendekatimu.

Ok, Ve..cobain, ya, resep tante ini..
Tante selalu doakan Ave jadi gadis yang menarik dan disukai banyak teman..

Love
Tante Della

    alya centurya
    11-02-2011 12:42
  • aku punya sahabat waktu TK...tapi sejak SD aku jarang bertemu dia... Sad Sad
    salsa
    9-02-2011 08:44
  • aku punya temen tapi kadang 2 nyebelin Embarassed
    fina dhaifina
    6-02-2011 09:05
  • temen q kya bunglon kdang baik kdang kuga nggak Sad
    Andiani
    4-02-2011 07:02
  • aku juga punya sahabat, kadang baik, tpi lama-lama kadang juga nyebelin! Rolling Eyes
    naila
    2-02-2011 12:33
  • aku malah ngak pernah di temenin Sad

Comment n Share on your facebook