Tanda-tanda Menstruasi

Halo, Alfiena..

Pertanyaan kamu bagus sekali mengenai menstruasi. Tapi sebelum dijawab, kamu harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan menstruasi, supaya kamu lebih memahaminya.

Cairan Menstruasi

Cairan Saat Menstruasi. Ilustrasi/Foto: static.thefrisky.com

Menstruasi itu berasal dari sebuah kata dalam bahasa Latin, yaitu Mensis , yang berarti 'bulan'. Disebut menstruasi karena secara rata-rata menstruasi datang sekali sebulan. Dan “menstruasi” bulanan ini adalah siklus peristiwa di dalam tubuh yang dikendalikan oleh hormon-hormon.

Cairan yang keluar saat menstruasi terdiri atas jaringan atau sel-sel yang berasal dari penebalan dinding rahim (yang disebut endometrium), darah dan mukus. Dan cairan yang keluar itu kira-kira 200-250 ml perhari, atau sebanyak setengah gelas. Dari jumlah itu, kira-kira 35-60 ml atau tiga sendok makan, berupa darah.

Seorang perempuan pertama kali mengalami menstruasi mulai pada usia 9 sampai 12 tahun. Tapi pada umumnya, rata-rata perempuan menstruasi pertamanya terjadi pada usia 11 tahun.

Menstruasi

Salah satu tanda menstruasi. Foto/ilustrasi: wordpress.com

Apa Saja Tanda Menstruasi?
1. Perut kembung
2. Sakit pada sendi dan otot
3. Sakit kepala dan cepat lelah
4. Berat badan bertambah karena retensi cairan
5. Payudara terasa kencang dan kadang disertai rasa gatal
6. Sering mengalami kecemasan
7. Mudah marah, suka menangis tiba-tiba, dan mudah tersinggung
8. Insomnia (sulit tidur)
9. Mengalami perubahan pada selera makan

Jadi, itulah tanda-tanda menstruasi ya, Alfiena.. semoga bisa dipahami dan bermanfaat buat kamu. Kalau kamu punya pertanyaan lagi, tanyakan saja lagi, ya.

dr. Aisah Dahlan
Ketua Yayasan Sahabat Rekan Sebaya
Jakarta

comments powered by Disqus