Film Kartun

Nes, bagaimana caranya menggambar untuk film kartun ya? Apakah semua gerakan harus digambar juga? Pasti susah banget yah?

Kidung Kinanti

Finding Nemo

Teknologi animasi dalam film ini seru banget! Foto: wordpress

Hai juga! Eh, Nesi panggil kamu Kinanti aja yah! Kamu suka nonton film kartun yah? Sama dong, kayak Nesi. Proses pembuatan film kartun memang tidak mudah sih. Tapi sebelumnya, Nesi mau kasih penjelasan sedikit tentang film dulu.

Film, merupakan rangkaian gambar. Setiap gambar itu berupa foto yang diambil dengan kamera biasa. Tetapi gambar dalam film disusun dalam serial flash yang sangat cepat. dengan begitu gambar yang disusun tadi bisa membentuk cerita dan saling tumpang tindih. Karena itu teman-teman bisa melihat adegan kuda berjalan, mobil bergerak, orang berjalan, di layar televisi.

Bagaimana film kartun dibuat?

Nah, kalau kartun itu disebut film animasi. Pertama-tama tentu saja gambar dibuat dulu. Gambar disesuaikan dengan karakter tokoh kartun. Misalnya saja kartun Donal Bebek. Si pembuat gambar akan membuat gambar yang berbeda-beda dari tokoh Donal Bebek itu. Ada gambar kaki ketika Donal berjalan, ekspresi muka saat marah, sedih dan lainnya.

Namun berkat kecanggihan teknologi, saat ini pembuat film kartun tidak perlu bersusah payah menggambar setiap

ipin upun

Kisah Upin Ipin juga tidak kalah menarik! Foto: wordpress

adegan. Gambar tersebut dikumpulkan dan disesuaikan dengan setiap adegan. Misalnya ketika Donal berjalan. Gambar Donal dipasangkan dengan kaki yang berada di tempat yang berbeda.

Nah, supaya gambar terlihat bergerak di layar televisi, ada sebuah kamera khusus yang akan mengambil gambar setiap adegan selama karakter tersebut berjalan. Jadi, kalau gambar diputar ulang terlihat seperti karakter yang sedang berjalan. Proses pembuatan gambar itulah yang disebut animasi.

Untuk kartun animasi biasanya tidak menggunakan proses gambar manual. Pastinya lebih canggih, dong! Gambar dibuat dengan teknologi komputer. Tidak jarang juga menggunakan efek 3D (tiga dimensi) Wah pantas hasilnya keren! Coba saja kamu lihat film-film animasi seperti Finding Nemo. Itu bukan sekedar kartun biasa, kan!

Ternyata pembuatan film kartun itu tidak mudah, ya? Hasilnya pun mengaggumkan. Kalau di waktu senggang Nesi biasanya akan memilih nonton film kartun. Selain bagus, teknologinya canggih banget dan tidak membosankan!

Bagaimana dengan teman-teman? Film kartun apa saja sih yang disukai? (Annisa/Kidnesia/berbagaisumber)

    syafa Anisa
    26-08-2013 01:33
  • aku suka banget sama kartun terutama barbie,peterpan,tinker bell dan masih banyak lagi Very Happy
    nadya anastasya
    1-07-2012 08:54
  • aku suka film madagascar , peterpan, tinkerbell,snow white , belle, ariel, donald duck, dan lain2 karna aku rata2 suka film2 kartun Very Happy
    Rizka Nurdiah
    19-06-2012 08:44
  • Aku au nanya kalau misalnya gambarnya itu ada pemeran yg merupakan dari orang yg satu lagi kartun gimana cara buatnya? ( Kaya Alice in the Wonderland) Question
    NABILA
    16-03-2011 01:48
  • Klo aku sih suka animasi Peterpan,Cinderella,Barbie In The Mermaid Tale,Tinker Bell,Coraline,dan Barbie An The Three musketeers Laughing Laughing Very Happy Very Happy Razz Razz Wink Wink
    Iva
    5-02-2011 04:31
  • Klo q cic ska animasi Tinker Bell, Barbie In The Mermaid Tale, Cars, Caroline dan Barbie Island Princess....

Comment n Share on your facebook