Penyakit Beri-Beri?

Nesi, penyakit beri-beri itu apa sih? Cara mencegahnya bagaimana? Tolong di jawab ya, terima kasih.

Tatyana  Putri Milena

beri-beri

Beberapa bagian tubuh yang diserang penyakit ini. Foto:googleimages

Hai Tatyana yang pintar. Nama penyakit ini seperti nama hewan ya? Kira-kira kenapa ya?hehe.

Seseorang yang menderita penyait beri-beri akan berjalan dengan gaya jalan seperti biri-biri karena gangguan motorik akibat polineuritis.

Nama penyakit beri-beri ini sudah mulai dimasyarakatkan oleh publikasi Bontius (1629).

Secara umum penyakit yang disebabkan karena kekurangan vitamin B1 atau tiamina ini merupakan penyakit yang mengerikan karena penderita bisa meradang dan meninggal dalam waktu dekat.

Penyakit ini bisa dibagi menjadi tiga jenis secara umum:

1. Beri-beri kering

Gejalanya yaitu kaki terasa tebal dan kesemutan pada anggota badan. Kemudian otot menjadi lelah dan kekuatannya berkurang, sering sesak napas dan jantung berdebar-debar bila sedikit berkegiatan.

2. Beri-beri basah

Memiliki ciri-ciri adanya pembengkakan dari kaki, tungkai bawah, lalu muka, dan bagian tubuh lain. Nah, apabila betis yang bengkak tadi ditekan, terbentuk cekungan yang tak segera hilang dan terasa sakit.

3. Beri-beri jantung

Ditandai rasa tekanan di ulu hati, sesak napas, dan berdebar-debar saat berkegiatan. Gejala ini bisa muncul mendadak dan langsung berat sehingga penderita bisa meninggal dalam waktu singkat.

Oh iya, penyakit beri-beri ini tidak mengenal jenis kelamin dan usia, lho. Baik orang dewasa maupun anak-anak bisa kena semua.

Bayi yang mendapat air susu ibu (ASI) pun bisa menderita beri-beri apabila ibunya kekurangan vitamin B1, kasihan ya.

Untuk menghindari penyakit ini bisa dilakukan beberapa cara sebagai berikut; penambahan vitamin B1 dalam makanan sehari-hari.

Memakan beras yang ditumbuk akan lebih baik, ikan, telur, daging, kacang-kacangan, tempe, oncom, tomat, tering, bayam, selada, melinjo, pepaya, jeruk, dan pisang

(Kidnesia/Berbagaisumber)

comments powered by Disqus