Tut Wuri Handayani

nes,tut wuri handayani itu artinya apa?dan lambangnya juga apa artinya?

insyrah silmi fauziah

Jawaban:

Tut Wuri Handayani

Ilustrasi: blogspot

Sebenarnya, kalimat Tut Wuri Handayani itu adalah bagian dari prinsip kepemimpinan yang diperkenalkan oleh Ki Hadjar Dewantara , yaitu Ing Ngarso Sun Tulodo, Ing Madyo Mbangun Karso, Tut Wuri Handayani.
Nah, secara singkat arti dari keseluruhan kalimat itu adalah bahwa seorang pemimpin harus memiliki setidaknya ketiga sifat-sifat yang disebutkan oleh Ki Hadjar Dewantara agar bisa jadi panutan buat orang lain.
Artinya akan nesi jelaskan satu-satu ya..
Ing Ngarso Sun Tulodo artinya Ing ngarso itu di depan/dimuka. Sun berasal dari kata Ingsun yang artinya saya.

Tulodo berarti tauladan. Jadi makna Ing Ngarso Sun Tulodo adalah menjadi seorang pemimpin harus mampu memberikan suri tauladan bagi orang-orang di sekitarnya.
Ing Madyo Mbangun Karso, Ing Madyo artinya di tengah-tengah, Mbangun berarti membangkitan atau menggugah dan Karso diartikan sebagai bentuk kemauan atau niat.

Jadi makna dari kata itu adalah seseorang di tengah kesibukannya harus juga mampu membangkitkan atau menggugah semangat .
Tut Wuri Handayani, Tut Wuri artinya mengikuti dari belakang dan handayani berati memberikan dorongan moral atau dorongan semangat.

Artinya seseorang itu harus memberikan dorongan moral dan semangat kerja dari belakang.  
Nah, lambang tut wuri handayani yang sering kita lihat di topi sekolah atau di depan Gedung Departemen Pendidikan Nasional menjadi lambang dari pendidikan nasional di Indonesia karena mengandung arti yang tadi sudah nesi sebutkan di atas. (Kidnesia/berbagai sumber)

comments powered by Disqus