Kisah Hidup Mozart

Kamu penggemar musik ya? Atau sedang membahas musik klasik di sekolah?

mozart 1

Wolfgang Amadeus Mozart. Foto: classicalmusic.about.com

Si Anak Ajaib
Komposer Wolfgang Amadeus Mozart lahir di Salzburg, Austria pada tanggal 27 Januari 1756. Dia adalah satu dari tokoh ternama dalam dunia musik klasik. Tidak tanggung-tanggung, Mozart bahkan menempati posisi komposer teratas, bersama dengan Beethoven dan Bach.

Kemampuan musik Mozart terlihat sejak usia dini. Mozart adalah anak dari Leopold Mozart, salah satu pendidik musik yang terkenal. Dari ayahnya lah Mozart menerima latihan-latihan musik yang intensif.

Latihan tersebut termasuk cara memainkan piano dan biola. Giat belajar dan berlatih membuat Mozart mampu menciptakan komposisi musik di usia lima tahun. Mozart dianggap sebagai anak ajaib.

Keliling Eropa karena Musik
Mozart memiliki kakak perempuan. Namanya Maria Anna tapi sering dipanggil Nannerl. Kakaknya adalah pianis berbakat. Mozart mengarang beberapa komposisi untuk dimainkan dengan piano. Khususnya komposisi duet dan duo untuk dimainkan bersama kakaknya.

mozart 2

Partitur Eine kleine Nachtmusik untuk solo piano. Foto: makingmusicfun.net

Kemampuan musiknya membuat Mozart sudah berkeliling dunia sejak kecil. Awalnya adalah eksebisi musik tahun 1762 di Court of the Prince of Bavaria, Munich, Jerman. Kemudian di tahun yang sama, Mozart juga tampil di Imperial Court, Wina, Austria.

Tur konser yang panjang kemudian dijalaninya selama tiga setengah tahun. Mozart tampil di beberapa kota baru seperti Mannheim, Paris, London, dan Zurich.

Selanjutnya, Mozart mengadakan perjalanan music ke Italia. Dalam salah satu perjalananya ke Italia, Mozart bertemu dengan G.B. Martini di Kota Bologna. Mozart pun diterima sebagai anggota Accademia Filarmonika. Sebuah perkumpulan musik yang terkenal di seluruh dunia.

Akhir Hidup Mozart
Pada bulan September 1777, Mozart berangkat keliling Eropa kembali. Kali ini ditemani ibunya. Di antara waktu perjalanan kedua keliling Eropa ini, Mozart menikah dengan Constanze Weber pada tahun 1782.

Sayang sekali komposer besar ini tidak berumur panjang. Mozart wafat di Paris pada tanggal 5 Desember 1791 di usia 35 tahun. Penyebabnya adalah demam yang tak kunjung sembuh.

mozart 3

Coklat Mozartkugeln produksi Fuerst. Seenak musiknya tidak ya? Foto: wikimedia

Usia 35 tahun rupanya cukup untuk membuat Mozart sebagai komposer terkenal sepanjang masa. Mozart menulis lebih dari 600 komposisi musik. Beberapa karyanya yang terkenal adalah Eine kleine Nachtmusik (A Little Night Music) di tahun 1787. Selain itu ada juga opera-opera Don Giovanni di tahun 1787 dan Die Zauberflote (The Magic Flute) di tahun 1791.

Salah satu kisah yang melegenda tentang Mozart terjadi dalam perjalanannya ke Italia. Dikatakan Mozart mendengarkan Miserere karya Gregorio Allegri hanya satu kali. Tetapi dia mampu menuliskan komposisinya kembali hanya dengan mengandalkan ingatan semata.

*Mozartkugeln
Tahukah kamu, ada coklat yang namanya diambil dari nama Mozart? Namanya Mozartkugeln (Bahasa Inggrisnya: Mozart ball ). Coklat ini dikenal juga dengan nama “Mozartbonbon.” Coklat ini pertama kali dibuat tahun 1890 oleh Paul Fürst asal Salzburg.

    Siti Atika Azzahrah
    20-10-2012 10:11
  • Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy

    17-07-2011 06:57
  • Rika:jangan mimpi deh Confused
    oya aku punya buku cerita tentang dia soalnya aku kagum sama tokoh dunia
    rika
    21-01-2011 04:23
  • aQ Bisa gk yaaa,,,,seperti mozart Rolling Eyes
    Adinda Nadira
    2-01-2010 11:59
  • cool!!!!!!!!!!!!!
    i love it.... Laughing Very Happy
    kirana satyasanti
    29-12-2009 09:21
  • Mozart itu sama kayak aku ya?Suka main piano! Laughing Lagian,tanggal lahirnya hampir sama kayak aku,31 Januari.Tanggal ultah perkawinan ortuku juga cuma beda 1 hari!28 Januari! Laughing

Comment n Share on your facebook