Apa Itu Fosil?

Halo Nesi, aku mau tanya, sebenarnya fosil itu apa, sih?

M.Afi Ramadhan

fossil

jejak kaki fosil-discoveringfossils

Halo juga Afi yang pintar.  Fosil berasal dari bahasa latin yaitu fossus, yang berarti “telah digali”. Fosil itu sendiri adalah sisa-sisa hewan, tanaman dan makhluk hidup lainnya yang berasal dari masa lalu. Biasanya fosil disebut juga jejak kehidupan masa lalu.

Menurut para ahli fosil (Paleontologis) terdapat bermacam-macam fosil, namun secara umum dibagi menjadi tiga jenis saja.

Pertama adalah fosil yang berasal dari makhluk hidup itu sendiri. Misalnya kerangka-kerangka manusia purba dan dinosaurus. Bahkan ada loh fosil yang masih yang masih mempunyai daging dan kulit, contohnya mammoth yang terbungkus di dalam es.

Kemudian fosil-fosil yang merupakan jejak-jejak kaki hewan yang tertinggal saat mereka berjalan melewati lumpur lunak atau tanah liat. Berikutnya, fosil-fosil bisa berupa cetakan dari tubuh yang tertinggal saat jasadnya dipindahkan.

Oh iya, ilmu yang khusus mempelajari fosil itu disebut Paleontoligi. Nah, itu tadi sedikit info tentang fosil. Semoga kamu puas dengan jawaban Nesi ya. (Kidnesia/berbagai sumber)

comments powered by Disqus