Arti Simbiosis?

Nesi yang imut, simbiosis itu apa sih???

Belvathilda Moedjiono

bunga dan kupu-kupu

Bunga dan kupu-kupu adalah contoh simbiosis mutualisme.

Hai, Belvathilda! Nesi, memang imut-imut, makasih, lho pujiannya. Hihihi. Nah, sekarang Nesi jelaskan nih, apa itu simbiosis.  Simbiosis berasal dari bahasa Yunani, sym yang berarti dengan dan biosis , kehidupan. Simbiosis itu merupakan hubungan antara dua makhluk yang hidup berdampingan.

Simbiosis ada beberapa jenis, yaitu simbiosis parasitisme, mutualisme, dan komensalisme. Simbiosis parasitisme adalah hubungan antara dua individu dan merugikan salah satu pihak. Contohnya, tanaman benalu dengan inangnya, cacing perut dan cacing tambang yang hidup di dalam usus manusia.

Simbiosis yang kedua, mutualisme. Ini merupakan hubungan sesama makhluk hidup yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Contohnya, bunga dan kupu-kupu. Dengan bantuan kupu-kupu, bunga bisa melakukan penyerbukan. Sebaliknya, kupu-kupu memperoleh makanan dari bunga. 

Terakhir, simbiosis komensalisme, yaitu hubungan dua makhluk dan pihak yang satu mendapat keuntungan tapi pihak lainnya tidak dirugikan dan tidak diuntungkan. Contohnya, ikan badut dengan anemon laut, tumbuhan pakis dengan anggrek dan tumbuhan yang ditumpanginya. (Kidnesia/berbagaisumber)
     

comments powered by Disqus