Bagaimana Ular Mencerna Makanan?

Nesi, bagaimana cara ular mencerna makanannya ?????????

Pengirim:
- Hector Sugiarta-

Halo Hector,
Waah.. kamu suka dengan ular yaa...??? Hiiiiiii.....Nesi sih takut sama ular. Biar takut, Nesi tahu lho, bagaimana ular itu mencerna makanannya... hehehehe...

Ular

Saat ular makan, rahangnya melebar sesuai dengan ukuran mangsanya. Foto: arkive.org

Jadi begini. Ular adalah hewan reptil yang tak berkaki dan bertubuh panjang. Ia menelan mangsanya secara keseluruhan. Makanan yang dimangsanya itu nggak dikunyah dan masuk melalui mulutnya yang memiliki rahang yang sangat bisa disesuaikan dengan jenis makanannya.

Beberapa jenis ular, memiliki gigi yang terdapat di mulut. Tapi, gigi itu tidak berfungsi untuk mengunyah, melainkan untuk mencengkram dan untuk lancar menelan mangsanya. Biasanya, ular memilih menelan mangsa dengan kepalanya lebih dulu, lho!

Ular, makan zebra

Ular makan mangsanya dengan melilitnya. Foto: dok.kingfisher publication.

Ada juga jenis ular, seperti sanca dan ular tikus yang membunuh mangsa dengan cara melilitnya hingga tak bisa bernapas. Ular-ular beracun membunuh mangsa dengan bisanya, yang dapat melumpuhkan sistem saraf pernapasan dan jantung hanya dalam hitungan menit saja.

Asal kamu tahu saja, bisa yang dimiliki ular itu disuntikkan melalui gigitan. Dan bisa ular itu ternyata mengandung enzim pencerna yang memudahkan ular mencerna makananya setelah ditelan. Nah, enzim pencerna ini dapat melarutkan dan menyerap segala sesuatu, kecuali rambut dan cakar. Keduanya akan dikeluarkan bersamaan dalam bentuk kotoran.

Ular, anatomi

Anatomi ular. Ilustrasi: wikipedia.org

Makanan yang masuk ke perut ular, dicerna okeh ususnya yang bekerja terus menerus selama kurang lebih 48 jam atau sekitar 2 hari. Makanya, setelah makan ular biasanya menjadi tidak aktif. Meski begitu, proses pencernaan di dalam perutnya tetap berlangsung. Pencernaannya bekerja terus menerus, apalagi kalau ia habis makan mangsa yang besar.

Oh ya, saat mencerna makanannya, ular juga sangat peka dengan suhu udara di sekitarnya. Suhu yang ideal saat ular mencerna makanannya adalah 30 derajat Celcius.

Suhu di sekitar ular ternyata sangat mempengaruhi energi metabolisme yang digunakan ular saat mencerna makanan. Kalau tidak mendapatkan suhu yang ideal, sering kali setelah menelan mangsanya, ular memuntahkannya lagi. (Kidnesia/berbagai sumber)

    sovi
    13-02-2011 02:27
  • Di rumahku juga ada ular tapi kecil
    Deva nanda
    13-02-2011 09:58
  • Hebat bener perut si ular
    Lizzam
    25-12-2010 08:30
  • Ular jorok juga '_'
    Andien
    24-12-2010 06:36
  • Oh... Jadi gitu ya,kalo gitu ular itu hebat ya bisa mencerna makanan sebesar itu
    Rara Azzahra
    12-04-2010 03:58
  • Hi apa muat perutnya Confused Confused

Comment n Share on your facebook