Douwes Dekker?

Halo Nesi! Ceritakan dong riwayat Douwes Dekker ^-^ terima kasih sebelumnya :)

Delila Ginasya

Hai, Delila. Pertanyaanmu ini agak sulit dijawabnya, lho.

Namun, akhirnya Nesi berhasil menjawabnya. Hihi...maklum, sudah mau liburan nih. Jadi, agak lama mikirnya. Hihihih..

Douwes Dekker

Eduard Douwes Dekker yang kita kenal dengan nama Multatuli. Foto: wikipedia

Douwes Dekker sebenarnya adalah sebuah nama keluarga yang berasal dari bahasa Belanda, seperti keluarga van Houten, dan lainnya.

Di Indonesia, ada dua orang yang memakai nama keluarga tersebut.

Douwes Dekker 1
Orang pertama yang menggunakan nama Douwes Dekker adalah Eduard Douwes Dekker atau yang kita kenal Multatuli.  Ia lahir di Amsterdam Belanda, 2 Maret 1820.

Ketika menerbitkan novel Max Havelaar, ia menggunakan nama samaran 'Multatuli'. Nama ini berasal dari bahasa Latin dan berarti "'Aku sudah menderita cukup banyak'" atau "'Aku sudah banyak menderita'".

Eduard Douwes Dekker meningga di Ingelheim am Rhein, Jerman, 19 Februari 1887, saat usianya 66 tahun.

Douwes Dekker 2
Orang kedua yang menggunakan nama Douwes Dekker adalah saudara Eduard yang bernama Ernest François Eugène Douwes Dekker.

Ernest Douwes Dekker adalah tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia yang dikenal dengan nama Indonesia, yaitu Danudirja Setiabudi.

Douwes Dekker

Ernest Douwes Dekker adalah anggota dari Tiga Serangkai dalam pergerakan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Foto: wikipedia

Ernest Douwes Dekker lahir di Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia tanggal 8 Oktober 1879 dan meninggal di Bandung, Jawa Barat tanggal 28 Agustus 1950.

Beliau adalah peletak dasar nasionalisme Indonesia di awal abad ke-20. Ia juga seorang wartawan sekaligus penulis yang kritis terhadap kebijakan pemerintah penjajahan Hindia-Belanda,

Asal kamu tahu saja, Ernest Douwes Dekker adalah orang yang menggagas nama "Nusantara" sebagai nama untuk Hindia-Belanda (Indonesia) yang merdeka.

Dan yang paling penting kamu ketahui, Danudirja Setiabudi atau Ernest Douwes Dekker adalah salah satu dari "Tiga Serangkai" pejuang pergerakan kemerdekaan Indonesia, selain dr. Tjipto Mangoenkoesoemo dan Suwardi Suryaningrat.

Nah, begitulah riwayat Douwes Dekker yang berhasil Nesi jawab untuk kamu dan sahabat Nesi lainnya. Semoga menambah pengetahuanmu, ya. (Kidnesia/ berbagai sumber)

comments powered by Disqus