Hukum Newton 1

Apa isi dari Hukum Newton 1?

Jules Simanjuntak

Newton

Salah satu contoh penerapan hukum Newton 1. Foto:isgoodness.com

Hai, Jules yang pintar. Isaac Newton merupakan ilmuwan besar dan paling berpengaruh yang pernah hidup di dunia, lho. Beliau lahir di Woolsthrope, Inggris, tepat pada hari Natal tahun 1642.

Hukum-hukum Newton dikenal dengan nama Tiga Hukum Gerak Newton. Nah, hukum I Newton menyatakan bahwa :

Setiap benda tetap berada dalam keadaan diam atau bergerak dengan laju tetap sepanjang garis lurus, jika tidak ada gaya yang bekerja pada benda tersebut atau tidak ada gaya total pada benda tersebut.

Hukum I Newton dikenal juga dengan julukan Hukum Inersia  alias Hukum Kelembaman. Sifat lembam benda itu sendiri adalah sifat mempertahankan keadaannya, yaitu keadaan tetap diam atau keadaan tetap bergerak beraturan.

Contoh yang sering dialami, misalnya, ketika berada di dalam mobil. Apabila mobil bergerak maju secara tiba-tiba, maka tubuh kita akan terdorong ke belakang. Demikian juga ketika mobil tiba-tiba direm, tubuh kita akan terdorong ke depan.

Contoh lainnya, ketika kita menarik selembar kertas yang ditindih oleh tumpukan buku tebal atau gelas. Jika lembar kertas tadi ditarik dengan sangat cepat, maka tumpukan buku atau gelas tersebut tidak bergerak.

Tidak percaya? Kamu bisa mencobanya di rumah, lho. (Kidnesia/Berbagaisumber)

comments powered by Disqus