Lihat Perut Bumi, yuk!

Nes, apa yang terkandung dalam perut atau isi bumi?

Dante Jibril

Bumi

Seperti ini, jika bumi dibelah. Foto: dok.ceritakan

Hai, Jibril, apa kabar? Perut bumi? Wah, kalau perut bumi isinya besaar dan banyaak! Tapi yang pasti bukan untuk menampung makanan, sih, hehehe! Jika bumi dibelah, terdapat 3 bagian, kerak, mantel dan inti bumi.

Lapisan kerak merupakan terdiri atas samudrra dan kerak benua. Keduanya amengapung di atas lapisan tersebut seperti genangan minyak di atas air. Setelah kerak bumi, kamu akan menjumpai mantel, sebuah lapisan yang terdiri dari batuan silikat atau senyawa oksigen dan silikon.

Semakin dalam lagi, yang akan kita lihat adalah, lapisan inti dalam dan luar. Nah, di sinilah isi bumi yang sebenarnya. Kondisi di dalam inti itu sungguh tak terbayangkan. Tekanannya sangat besar dan suhunya lebih dari 3000 derajat Celcius. Iiiihh panaas, banget!

Inti bumi terdiri dari besi bercampur dengan beberapa unsur asing. Besi pijar di bagian inti luar bersikulasi dengan lambat. Nah, tahu enggak, di dalamnya terdapat arus listrik. Arus listrikitu bisa membangkitkan medan magnet bumi yang jaraknya bisa mencapai luar angkasa! Wuiiiihhhh...ck...ck...ck.

Masih ada lagi, nih kehebatannya. Medan magnet itu membentuk semacam selimut magnetik di sekitar planet, membelokkan partikel-partikel bermuatan listrik dari matahari dan melindungi kita dari radiasi sinar matahari. Nah, begitulah sekilas cerita tentang perut bumi. (Kidnesia/Ensiklopedia IPTEK)

comments powered by Disqus