Macam-macam Wayang

Nesi, apa bedanya wayang kulit, wayang gung dan wayang suket?

Revinka Kawada

wayang

Wayang suket terbuat dari rumput! Foto: eastjavatraveler

Hai, Revinka yang baik. Nesi akan jelaskan wayang yang kamu ingin tahu itu. Ketiga wayang itu bisa dibedakan dari bahan dasar dan cara pementasannya.

Bahan dasar membuat wayang kulit adalah kulit kambing, sapi dan kerbau. Proses pembuatan wayang dimulai dari menjemur kulit. Setelah itu baru dipotong dan dirangkai sesuai rancangan. Wayang kulit terkenal dari Pulau Jawa.

Pementasan wayang kulit membutuhkan dalang yang menggerakkkan boneka wayang tersebut. Selain itu dalang juga berperan mengisi suara para tokoh wayang.

Selanjutnya, wayang suket , merupakan bentuk tiruan dari berbagai figur wayang kulit yang terbuat dari rumput (bahasa Jawa: suket). Wayang suket biasanya dibuat sebagai alat permainan atau penyampaian cerita perwayangan pada anak-anak di desa-desa Jawa.

wayang

Nah, kalo wayang gung harus menggunakan mahkota atau katupung. Foto: wikipedia

Untuk membuatnya, beberapa helai daun rerumputan dijalin lalu dirangkai (dengan melipat) membentuk figur serupa wayang kulit. Karena bahannya, wayang suket biasanya tidak bertahan lama.

Nah, yang terakhir adalah wayang gung . Seni ini merupakan pertunjukan wayang orang. Jadi, tidak menggunakan boneka seperti pada wayang kulit maupun wayang suket.

Orang yang memainkan pentas wayang gung yang menjadi tokoh pewayangan sambil mengenakan mahkota atau katupung yang menggambarkan tokoh dalam cerita.

Untuk wayang gung ini berasal dari daerah Banjar, Kalimantan Selatan. Jadi, bukan hanya daerah Jawa saja yang punya kesenian wayang, kan? (Kidnesia/berbagaisumber)

comments powered by Disqus