Monas

Hai Nesi! Aku mau tanya nih. Kapan sih, Monas dibangun? Bener enggak, kalo pucuknya terbuat dari emas?

Muhammad Miftahul Arifin

Hai, Muhammad yang kritis. Monas singkatan dari Monumen Nasional, mulai dibangun pada bulan Agustus 1959. Bangunan Monas dirancang oleh para arsitek Indonesia yaitu Soedarsono, Frederich Silaban dan Ir. Rooseno.

Pada tanggal 17 Agustus 1961, Monas diresmikan oleh Presiden Soekarno dan mulai dibuka untuk umum sejak tanggal 12 Juli 1975.

monas

Monas menyimpan emas di bagian atas yang seperti obor. Foto: wordpress

Apa sih tujuan dibangun Monas? Ternyata untuk mengenang dan melestarikan perjuangan bangsa Indonesia saat merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Bagian unik dari Monas terletak di puncak monumen. Di sana ada cawan yang menopang, berbentuk api obor perunggu yang beratnya mencapai 14,5 ton dan dilapisi emas 35 Kilogram. Wah, emas sungguhan, kan!

Kalo dilihat lagi, obor yang berkobar itu juga melambangkan perjuangan rakyat Indonesia yang menggebu-gebu meraih kemerdekaan.

Monas menjadi objek wisata yang sering dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. Bangunan ini telah menjadi ikon kota Jakarta. Jadi, kalo berkunjung ke Jakarta tapi enggak ke Monas, kayaknya kurang lengkap, deh! Hihihi. (Kidnesia/berbagaisumber)

comments powered by Disqus