Penjajahan Jepang

Nes, bisakah kamu ceritakan pendudukan Jepang di Indonesia, dan kerja paksa(romusha) zaman itu? Terima Kasih sebelumnya.

Aurell

Hai, Aurell... Apa kabar? Sudah lama nih, Nesi nggak mendengar kabar dari kamu. Eh, tahu-tahu kamu nanya tentang Penjajahan Jepang di Indonesia.

Oke deh, ini Nesi jawabannya, ya.

Penjajahan Jepang

Ilustrasi: wordpress

Penjajahan Jepang di Indonesia berlangsung selama 3 tahun, yaitu dari tahun 1942 sampai dengan 1945.

Sebab musababnya adalah pada tahun 1940, Jepang terlibat dalam Perang Dunia II di wilayah Asia.

Nah, Jepang ternyata berhasil menang dalam Perang Pasifik dan menggeser kedudukan Pemerintah Belanda di Indonesia (Hindia-Belanda).

Tahun 1941, Jepang mulai menaklukan negara-negara di kawasan Asia Timur dan Tenggara, termasuk Indonesia.

Jepang pun mulai berbaik hati membantu para pejuang Indonesia untuk melawan tentara Belanda. Akhirnya, Jepang berhasil menyapu bersih tentara Belanda yang tersisa di Indonesia.

Tahun 1942, Presiden RI pertama, Ir. Soekarno, menerima tawaran Jepang untuk mengadakan kampanye publik dan membentuk pemerintahan sendiri yang juga bisa memberikan bantuan kepada militer Jepang.

Sayang, Jepang berkhianat. Bukannya membantu Indonesia membentuk pemerintahan baru yang berdaulat, tapi malah memanfaatkan bangsa Indonesia untuk kepentingan militernya.

Akibatnya, bangsa Indonesia dipaksa untuk bekerja untuk memenuhi kebutuhan militer Jepang dan menguasai sumber-sumber alam, terutama minyak bumi.

Oleh tentara Jepang, Pulau Jawa dirancang sebagai pusat penyediaan bagi seluruh operasi militer di Asia Tenggara. Dan Sumatera dijadikan sebagai sumber minyak bumi utama.

Penjajahan Jepang

Seinendan, tentara yang dibentuk oleh Jepang. Foto: blogspot

Organisasi yang dibentuk Jepang di Indonesia
Untuk mendukung usahanya dan menancapkan kuku penjajahannya, Pemerintah Jepang di Indonesia membentuk beberapa organisasi politik dan militer.

Di antaranya, PETA Pembela Tanah Air), Heiho (Tentara Pembantu), Seinendan & Keibodan (Organisasi Pemuda), Putera (Pusat Tenaga Rakyat), dan Jawa Hokokai (Himpunan Kebaktian Rakyat Jawa).

Pemerintah Jepang juga membentuk BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau Dokuritsu Junbi Cosakai, dalam bahasa Jepang.

Badan ini bertugas membentuk persiapan-persiapan pra-kemerdekaan dan membuat dasar negara. Tapi tak lama, BPUPKI diganti namanya menjadi PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang bertugas menyiapkan kemerdekaan.

Mulai tahun 1944 sampai dengan 1945, rakyat Indonesia mulai memberontak terhadap kekuasaan Jepang yang semakin semena-mena.

Di sisi lain, posisi pasukan Jepang di kawasan Asia Timur Raya sudah mulai terdesak. Di Indonesia pun, pasukan sekutu mendesak tentara Jepang.

Hingga akhirnya tanggal 14 Agustus 1945,  Jepang menyerah kalah kepada sekutu. Kemudian, 3 hari setelahnya, tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia memproklamirkan kemerdekaan.

Penjajahan Jepang

Barak romusha pada masa penjajahan Jepang di Indonesia. Foto: wordpress

Romusha
Dalam bahasa Indonesia berarti ‘buruh’ atau pekerja. Mereka adalah panggilan bagi orang-orang Indonesia yang dipekerjakan paksa pada masa penjajahan Jepang di Indonesia dari tahun 1942.

Kebanyakan dari romusha adalah petani. Sejak tahun 1943, Jepang mewajibkan para petani untuk menjadi romusha.

Mereka dikirim untuk bekerja di berbagai tempat di Indonesia serta Asia Tenggara, seperti Birma, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Kepulauan Solomon.

Akibat dari kerja paksa tersebut banyak petani Indonesia yang tewas karena kelaparan dan terkena penyakit. Jumlah romusha sampai saat ini tidak diketahui pasti, tapi diperkirakan mencapai 4 sampai 10 juta jiwa.

Nah, begitulah penjelasan singkatnya, ya, Aurell. Semoga bermanfaat, ya. (Kidnesia/berbagai sumber)

    quarten pasaribu
    8-09-2011 02:46
  • jpand memang kejam sekali
























































































































































































































































































































































































































































    jepang memang sangat kebam




    Sad Confused Sad Confused Sad Arrow Arrow Arrow









































































    andrea kelasl iv sd pekayon jaya vii bekasi
    6-03-2011 06:01
  • hiiiiii serem kalo kita tinggal di masa penjajahan
    Sukma indrayani
    5-03-2011 06:47
  • : wah itt kan pljrn kls 5 thank yah dah ingetin al'a ak mo ujian...makasih ya o ya ak nanya donk TRITURA itt pa singkatannya jwb ya,ku tunggu
    jihan cantik
    1-03-2011 01:55
  • wahhhh....q jd $3d!h nich....dgr critanya...,tp q bs dpt ilmu....nes thanks yau......... kpn2 ksh brt laen...yau...!
    Tata and Mella
    28-02-2011 05:57
  • Kejam juga ya Jepang...walaupun hnya ja2h 3 th tp penderiataannya melebihi 3 tahun..

Comment n Share on your facebook