Siapa Penemu Twitter?

Nes, siapa sih, yang menciptakan jejaring sosial twitter ?

Vina Annisa Rahmawati

Hai, Vina yang penasaran. Orang pintar yang membuat jejaring sosial adalah Jack Dorsey. Idenya muncul tiba-tiba pada saat ia berumur 24 tahun. Ia ingin mengubah cara berkomunikasi melalui internet, yang kita kenal sebagai Twitter.

Jack Lahir di St Louis, Missouri, 19 November 1976. Ia sudah menunjukkan minat dalam pengembangan perangkat lunak pada usia 14 tahun.

Setelah kuliah di University of Missouri dan di New York, ia pindah ke California. Pada saat itu, pesan instan benar-benar sedang nge-tren. Orang-orang mulai menggunakan AOL Instant Messenger, layanan yang sangat populer.

Jack Dorsey

Jack Dorsey, si pembuat Twitter. Foto: wikipedia

Dorsey pun terinspirasi untuk membuat sesuatu yang baru. Ia mendapat ide, bagaimana caranya supaya orang-orang bisa berbagai status dengan semua teman-teman mereka, tanpa harus menulis di blog.

Dorsey terus mengembangkan idenya. Ia yang bekerja untuk sebuah web terus berpikir apakah pesan seperti SMS juga bisa dilakukan melalui internet.

Ide Dorsey ini ternyata disambut baik oleh Evan Williams, seorang eksekutif Google. Evan menyediakan dana untuk mendirikan perusahaan, khusus untuk mewujudkan ide Dorsey itu.
Dan, akhirnya bulan Agustus tahun 2006, Twitter lahir. Twitter seperti blog tapi dalam bentuk mini sehingga mereka menamakannya microblogging

Twitter memiliki batasan 140 karakter per post – oleh sebab itu dinamakan microblogging. Jika kegiatan menulis yang dilakukan oleh para blogger sekarang sudah memiliki kata kerja sendiri yaitu blogging, demikian juga dengan kegiatan yang dilakukan oleh para pengguna Twitter: tweeting.

Twitter pun makin dikenal luas di dunia, termasuk Indonesia. Nesi, juga punya twitter, lho, hayoo, kamu sudah follow Twitter Nesi belum? Kalo belum follow, yah @kidnesia . Ada cerita-cerita seru dari Nesi. (Kidnesia/berbagaisumber)

comments powered by Disqus