Selasa, 11 Mei 2010
Bekantan, Si Monyet Belanda
  • Bekantan, Si Monyet Belanda
    Bekantan, Si Monyet Belanda
Bekantan

Bekantan, monyet Belanda si hidung panjang. Foto: dok. wordpress

Bekantan yang nama ilmiahnya nasalis larvatus adalah sejenis kera berhidung panjang dengan rambut berwarna coklat kemerahan. Kera dengan ciri-ciri itu adalah bekantan jantan yang hidup di hutan-hutan bakau di pedalaman Kalimantan.

Kamu ingat enggak, bekantan juga menjadi logo salah satu taman hiburan terkenal di Jakarta, lho! Hayoo coba kamu tebak, logonya apa yaaa?? Hihihi...

Kamu tahu tidak, kenapa bekantan terkenal dengan sebutan monyet belanda? Hihihi.. ternyata karena hidung yang panjang inilah bekantan disebut monyet belanda. Hmmm.. apa hubungannya, yaaa??

Ukuran bekantan jantan yang lebih besar dari yang betina bisa mencapai 75cm dengan berat mencapai 24 kg. Wuaah... gede banget yaaa.. Sementara kera betina berukuran 60 cm dengan berat 12 kg.

Bekantan

Si jantan memang lebih besar dari sang betina. Coba lihat, perutku.. buncit kaann? Foto: wordpress

Bekantan jantan dan betina mempunya perut yang besar dan buncit karena mereka suka sekali memakan buah-buahan, biji-bijian, dan daun-daunan yang mengandung gas.

Habitat bekantan tersebar di hutan-hutan bakau, rawa-rawa, dan hutan di Pulau Kalimantan. Mereka suka sekali menghabiskan waktunya di atas pohon dan hidup dalam kelompok-kelompok yang berjumlah antara 10 sampai 32 ekor.

Eh, kamu tahu tidak? Bekantan jago berenang lho! Selain bertengger di atas pohon Bekantan juga bisa berenang dari satu pulau ke pulau lainnya! Hebat, kan tuh! (Ervina/Kidnesia/wikipedia)

Ada yang tahu, kenapa hidung bekantan besar??

    Yoga
    12-02-2011 11:39
  • Aku tahu asal usul bakatan gini ceritanya zaman dahulu waktu belanda masih menjajah indonesia dia(belanda)berlayar ke kalimantan untuk mengambil alih pemerintahan orang yang melihat belanda heran kenapa orang itu hidungnya panjang. tetepi ada seorang kakek sakti yang mengubah mereka menjadi monyet karena malu dia lari kehutan.
    TAMAT
    Hayfa Amirah
    29-12-2010 10:44
  • pantes aja perutnya buncit.org makannya aja buanyak buanget.
    Aulia Rizky Putri.
    28-12-2010 09:36
  • Seperti monyet ya Smile
    Naura Prasasya
    28-12-2010 04:55
  • @nurul farida: klihatannya sih, emg kayak boneka dufan??
    nurul farida
    25-05-2010 03:23
  • monyet ini unik, monyet ini yg jd model boneka dufan ya? bagus.. Very Happy

Comment n Share on your facebook