Rabu, 05 Mei 2010
Hewan Terbesar
  • Hewan Terbesar
    Hewan Terbesar

Nes, hewan terbesar di dunia apa, yah?

Fitra Qurota

paus

Ini dia, hewan terbesar di dunia. Foto: googleimage

Hai, Fitra yang selalu ingin tahu. Dulu, saat jaman prasejarah hewan-hewan raksasa yang hidup di laut dan di darat jauh lebih besar daripada hewan yang hidup sekarang.

Hewan terbesar yang hidup di bumi sekarang ini adalah paus biru atau paus berbokong sulfur. Panjangnya dapat lebih dari 30 meter dan beratnya 125 ton. Dan yang menarik, sekitar sepertiga panjang binatang ini diambil oleh kepalanya! Wow!!!

Psst, tahu enggak kalo paus itu sebenarnya bukan ikan, lho! hewan itu adalah mamalia air seperti lumba-lumba. Buktinya dapat dilihat dari struktur tubuh mereka. Kulit dan daging sirip mereka yang mirip dayung menutupi “tangan” dengan lima jari.

Beberapa paus bahkan mempunyai tulang kaki belakang yang tersembunyi di dalam dagingnya. Karena paus adalah mamalia, bayi paus mendapat susu induknya seperti bayi mamalia lainnya.

Paus tidak mempunyai insang, dan bernapas melalui paru-paru. Mereka mempunyai ekor horizontal, yang memungkinkan mereka naik dengan mudah ke permukaan air untuk mengambil udara. Dan, itulah hewan terbesar di dunia. (Kidnesia/Aku Ingin Tahu)

comments powered by Disqus