Sabtu, 23 Februari 2013
Si Cantik Burung Merak
  • Si Cantik Burung Merak
    Si Cantik Burung Merak

Dia adalah burung terbesar yang bisa terbang. Banyak hidup di hutan jati  di Pulau Jawa . Bulunya menggoda para pemburu. Itulah burung merak .

burung merak hijau

Burung merak hijau dari Pulau Jawa. Foto: Ricky Martin/Bobo

Burung merak adalah burung terbesar yang bisa terbang. Warna bulu burung merak ada bermacam-macam. Burung merak India (Pavo cristatus ) mempunyai bulu dada dan jambul berwarna biru. Sedangkan, burung merak Jawa (Pavo muticus ) berwarna hijau. 

Burung merak jantan punya bulu ekor indah yang sangat panjang dan lebar. Ekor indah ini dipakai untuk menarik burung merak betina . Wuaah, saat menari, burung merak jantan bisa mengembangkan ekornya jadi kipas besar yang sangat indah.

burung merak biru

Burung merak biru dari India. Foto: Istimewa

Banyak  orang mengagumi bulu burung merak dan ingin memilikinya. Anak-anak biasanya suka memunguti bulu merak yang jatuh dan menyimpan bulu itu di buku.  Katanya, jika bulu merak disimpan di buku, bulu itu bisa beranak bulu kecil-kecil.

Bulu merak banyak dipakai untuk hiasan topi , hiasan kipas , atau hiasan topeng . Pengrajin dari kota Ponorogo , Jawa Timur , memakai banyak bulu merak untuk menghias topeng reog Ponorogo . Ssst, tidak kurang 400 lembar bulu merak digunakan  di setiap topengnya, lo.  Bulu merak untuk topeng reog Ponorogo itu kebanyakan dibeli  dari India. 

Di Pulau Jawa, burung merak hidup di hutan jati. Penduduk sekitar hutan sering menangkap burung merak untuk dipelihara. Namun, sayangnya, burung merak hutan jika ditangkap jadi stress dan mati. Saat ini jumlah burung merak di hutan jai semakin berkurang.

burung besar merak

Burung merak, burung besar yang bsia terbang. Foto: Istimewa

Berbeda dengan di Indonesia,  burung merak di India sangat dilindungi. Burung merak biru adalah burung nasional India dan lambang Dewa Krisna . Burung merak di India sangat jinak dan tidak takut pada orang.

Hmmm, sebaiknya kita meniru orang India yang menyayangi burung merak. Alangkah senangya, jika kita pergi ke hutan jati yang indah dikelilingi burung merak hijau yang indah. Yuk, kita sayang burung merak kita.

(Johanna Ernawati )

    fea kreuz vertrag
    1-03-2013 08:40
  • wewewewwww

Comment n Share on your facebook