Rabu, 01 Juni 2011
Buah Makasar
  • Buah Makasar
Buah Makasar

Buah Makasar berkhasiat untuk kesehatan. Foto: Flickr

Pernah dengar nama Buah Makasar ? Buah yang satu ini punya khasiat untuk kesehatan dan bisa menyembuhkan penyakit. Seperti apa, yah, buahnya?

Buah Makasar tumbuh liar di hutan, kadang-kadang ditanam sebagai tanaman pagar. Tanaman ini tumbuh hingga ketinggian 1-2,5 meter.

Buah Makasar ditumbuhi rambut-rambut halus berwarna kuning. Daunnya berupa daun majemuk menyirip. Nah, jumlah anak daunnya ganjil yaitu 5-13.

Helaian anak daun berbentuk memanjang, ujungnya meruncing. Permukaan atas daun berwarna hijau, permukaan bawah berwarna hijau hijau muda. Panjang daun mencapai 5-10 cm, lebar 2-4 cm.

Jika tanaman ini berbuah, bentuknya bulat seperti telur. Lalu, lama kelamaan akan menjadi warna hitam.

Khasiat Buah Makasar

Eih, rasa buah ini memang tidak seperti buah yang lainnya. Agak pahit.

Buah Makasar

Walaupun rasa buah ini pahit, tapi bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Foto: Flickr

Tapi khasiatnya hebat bisa membersihkan tubuh dari racun, menghentikan perdarahan (hemostatis), membunuh parasit, dan mengobati malaria.

Bagian yang sering digunakan adalah buah. Setelah buah dikumpulkan, bagian yang keras dibuang untuk diambil isinya. Selain buah, daun dan akar juga berkhasiat sebagai obat.

Sebagai obat Malaria, biasanya 10 buah makasar diambil isinya.

 Lalu digiling sampai halus. Setelah digiling, tumbukan itu dimasukkan ke dalam kapsul, lalu minum sekaligus.

Pengobatan ini dilakukan selama tiga kali sehari selama tiga hari. Selanjutnya, dosis dikurangi setengahnya (5 buah) dan minum selama 5 hari. (Annisa/Kidnesia/berbagaisumber)

comments powered by Disqus