Selasa, 27 April 2010
Bunga Langka
  • Bunga Langka
    Bunga Langka

Nes, bunga apa, sih, yang langka?

Firyal Sekar Kafidani

Hai, Firyal yang penasaran dan ingin tahu! Hmm, kalo ngomongin bunga langka, bisa panjang, loh, ceritanya. Nah, tapi Nesi mau kasih tahu, nih, salah satu bunga langka yang tumbuh setiap 3000 tahun sekali! Wah...wah...lama banget! Benar sekali dan bunga itu dinamakan bunga Udumbara .

Bunga langka yang juga menjadi bunga kepercayaan umat Budha sebagai penanda datangnya Raja Sakral Falun, ditemukan tumbuh di dataran Engku Putri, Batam.

Udumbara

Bunga Udumbara tumbuh setiap 3000 tahun sekali, loh! Foto: kaiwind

Penemuan bunga tersebut menjadikan Kota Batam sebagai tempat ke tujuh di dunia, yang ditumbuhi Udumbara. Sebelum ditemukan di Batam, bunga itu pun tumbuh di Kota California Amerika Serikat, Australia, Korea, daratan China, Hong Kong, Singapura, Taiwan dan di Korea pada 1997.

Udumbara tumbuh di daun tumbuhan yang lain. Warnanya putih dan berukuran sangat kecil. Sekilas, mirip dengan sarang laba-laba yang menempel di daun.

Ada mitos yang mengatakan, Udumbara datang ke dunia dengan cara-cara yang luar biasa. Tempat penemuannya pun ajaib! Bunga ini hanya ditemukan di beberapa tempat seperti, patung Buddha, pipa baja, jendela, daun-daunan, dan batu bata.

Menurut kitab Buddha, Udumbara adalah bahasa Sanskrit yang berarti bunga keberuntungan dari surga. Nah, warna putihnya menggambarkan kesan lembut juga sebagai tanda datangnya Raja Sakral Falun umat Budha.

Bunga yang mungil, lembut dan memiliki tangkai lebih kecil dari rambut manusia itu berwarna putih, tumbuh dan menggantung pada tangkai-tangkai serabut halus. Tangkai Udumbara sangat kuat walaupun mungil. Beberapa daun mempunyai 30 tunas kecil di atasnya tapi ada juga sebagian memiliki 40, 50 atau 60 tunas.

Nah, itulah seputar tentang bunga Udumbara! Semoga kamu puas dengan jawaban Nesi, yah! (Kidnesia/berbagaisumber)

comments powered by Disqus