Jumat, 21 Januari 2011
Cemara Udang
  • Cemara Udang
    Cemara Udang
Cemara Udang

Pohon cemara udang yang hanya ada di Pantai Lombhang, Sumenep, Madura.

Teman-teman pernah mendengar nama pohon cemara udang?

Asal kamu tahu saja, pohon cemara udang itu adalah salah satu jenis pohon cemara. Hmm.. Nesi belum tahu nih, kenapa pohon ini disebut cemara udang.

Kalau dilihat dari bentuknya sih, tidak seperti udang, tapi seperti jarum! Hihih...

Pohon cemara udang ini banyak terdapat di Pulau Madura, Jawa Timur , khususnya di Pantai Lombhang (baca: Lombheng).

Sejarah Cemara Udang
Para penduduk Legung, yang ada di sekitar Pantai Lombhang, Sumenep, Madura yakin kalau tanaman ini berasal dari Cina. Hmm, memang sih, pohon cemara udang banyak terdapat di Cina.

Jadi, begini menurut cerita mereka.

Alkisah, dulu pernah ada kapal dari Cina yang terdampar di Pantai Lombhang. Kapal itu membawa banyak muatan yang salah satunya adalah bibit pohon cemara udang.

Cemara Udang

Pohon cemara udang yang mengelilingi pantai.

Nah, bibit itu kemudian ditanam, sehingga tumbuhlah pohon cemara udang di sekitar pantai. Lama-lama, pohon ini semakin banyak tumbuh hingga sampai seperti sekarang.

Dan uniknya, Pantai Lombhang ini adalah satu-satunya pantai di Indonesia yang dikelilingi atau dibingkai oleh pohon cemara udang.

Bahkan konon, di dunia ini hanya ada dua pantai yang dihiasi pohon cemara udang, yaitu Pantai Lombhang dan sebuah pantai di Cina! Mantaap, kan?!

Nah, makanya pohon cemara udang menjadi ciri khas atau trademark Pantai Lombhang, Madura . Dan, pantai ini menjadi satu-satunya pantai di Indonesia yang memiliki hutan cemara udang.

Menanam Cemara Udang
Penduduk setempat pun banyak yang sengaja menanam cemara udang untuk dijual sebagai tanaman hias di dalam pot.

Sebagian besar ditanam dengan cara dibonsai (dipendekkan). Kalau teman-teman sempat mampir ke Pantai Lombhang, Madura, bisa kok membeli cemara udang dalam pot untuk oleh-oleh.

Harganya mulai dari Rp50.000 sampai jutaan untuk cemara udang yang sudah besar dan umurnya lebih dari 5 tahun.

LogoPotret Negeriku

Tertarik punya pohon cemara udang di rumah? Yuk, ke Pantai Lombhang, Sumenep, Madura. (Ervina/Kidnesia/Dikha/Joko/Potret Negeriku/ Foto: Ricky Martin)

comments powered by Disqus