Kamis, 14 Juli 2011
Membuat Kopra
  • Membuat Kopra
Kopra

Kelapa dibelah dan dibuang airnya.

Kamu tahu kopra, kan? Kopra itu daging kelapa kering. Kopra adalah bahan baku membuat minyak goreng.

Mau tahu cara membuat kopra? Ayo, lihat!

Salah satu pembuatan kopra ada di Pulau Sebesi , Lampung Selatan . Para perajin kopra di sana membuat kopra dengan membangun rumah pemanggangan.

Rumah pemanggangan ini dibangun jauh dari kampung. Mau tahu, kenapa?

Soalnya, untuk memanggang daging kelapa, mereka harus menyalakan bara api selama berjam-jam. Kalau dekat pemukiman, bisa bahaya!

Membuat kopra itu pekerjaan yang sangat berat. Prosesnya diawali dengan memetik buah kelapa yang sudah tua. Untuk memetik buah kelapa, mereka menggunakan galah panjang.

Pada ujung galah, dipasangi sabit untuk memotong tangkai kelapa. Buah kelapa yang sudah dipetik, lalu dikupas, dibelah, dan… dibuang airnya.

Kopra

Rumah Pemanggangan yang digunakan untuk memanggang daging kelapa.

Wah, sayang sekali. Padahal air kelapa ini bisa dibuat jelly nata de coco yang lezaaat.

Pekerjaan berikutnya adalah mengangkut.

Mengangkut buah kelapa dari kebun ke tempat pemanggangan merupakan pekerjaan paling berat. Berat, karena kelapa harus dipikul dengan berjalan kaki 2 sampai 3 kilometer.

Banyak perajin kopra tidak sanggup melakukannya, sehingga pekerjaan ini diupahkan pada orang yang benar-benar kuat.

Upahnya bukan berupa uang, melainkan dengan cara bagi hasil dengan perbandingan 1:2. Artinya, 1 butir untuk yang punya kebun dan 2 butir untuk yang memetik dan yang mengangkut.

Sesampai di rumah pemanggangan, kelapa ditata di atas para-para dan dipanggang selama 12 jam. Daging kelapa yang sudah terkelupas dari batoknya, lalu dipanggang lagi selama 12 jam hingga kering menjadi kopra.

Kini, kopra pun siap dikemas dalam karung untuk dijual ke pasar. (Sigit Wahyu/Potneg/Annisa/Kidnesia/Foto-foto: Ricky Martin)

Logo Potneg
comments powered by Disqus