Selasa, 31 Mei 2011
Kripik Kulit Singkong
  • Kripik Kulit Singkong
    Kripik Kulit Singkong

Singkong diolah menjadi berbagai macam makanan. Rasanya pun tak kalah enak. Misalnya, kripik singkong atau singkong rebus.

Nah, ada lagi bagian dari singkong yang bisa diolah menjadi makanan camilan, yaitu kulit singkong. Kulit ini diolah menjadi kripik. Kres...kres...garing dan gurih.

Kripik Singkong

Kulit kripik singkon g enak dan gurih! Ilustrasi: Shutter Stock

Kripik kulit singkong ini dibuat oleh Pak Bekti Susiati (33), warga Jl. Bimasena, Desa Purwokerto, Patebon, Kendal, Jawa Tengah .

"Banyak orang yang memesan kripik singkong buatan saya," kata Bekti yang dikutip dari Kompas.com .

Kripik buatan Pak Bekti sudah terkenal, lho. Bahkan pemesannya pun berasal dari berbagai daerah seperti Jakarta , Semarang, Pekalongan, Tegal, Bandung dan sebagainya. Mereka mengenal produk itu dari mulut ke mulut.

Pak Bekti memilih untuk membuat kripik kulit singkong karena harganya murah. Bayangkan, singkong berisi 60 kg harganya hanya 45 ribu rupiah.

Awalnya, Pak Bekti hanya membuat kripik singkong. Tapi, lama-lama ia melihat sisa kulit singkong yang tidak terpakai. Lalu, ia mencoba untuk mengolahnya menjadi kripik.

Menurut Pak Bekti, kesulitan untuk membuat kripik ini adalah hujan. Tanpa sinar Matahari, bahan baku kripik singkong dan kripik kulit singkong sulit kering saat dijemur.

Untuk mengatasinya, sebelum datang musim penghujan, ia menjemur dan menyimpan singkong dan kulitnya sebanyak-banyaknya.

Dengan begitu, ia bisa membuat kripik kulit singkong sebanyak-banyaknya. Wah, sayangnya Pak Bekti enggan berbagi resep kripik kulit ini. Katanya, rahasia, hehehe.(Annisa/Kidnesia/Kompas.com)

comments powered by Disqus