Senin, 05 Juli 2010
Main Engklek di Kidnesia
  • Main Engklek di Kidnesia
    Main Engklek di Kidnesia
Engklek

Iiih, serius banget ya, teman-teman ini bermain engklek. Foto: dok.kidnesia

Kalau teman-teman sempat datang stand Kidnesia di Bobo Fair 2010 yang berlangsung dari tanggal 30 Juni hingga 04 Juli 2010 kemarin, kakak-kakak di sana akan mengajakmu bermain engklek. Sudah pernah main engklek??

Enggak hanya anak perempuan saja, lho yang bisa main engklek, anak laki-laki pun ada yang jago banget main engkleknya! Hihihi.. sampai-sampai, kakak-kakak yang menjadi lawannya kalah! Hebaat!

Engklek
Adalah salah satu jenis permainan tradisional yang sering dimainkan oleh anak-anak. Permainan ini biasanya dilakukan di halaman rumah dengan menggambar kotak-kotak di tanah atau pelataran yang berlantai semen.

Permainan tradisional ini sering disebut dengan berbagai istilah, seperti engklek, teklek, ciplak gunung, taplak, dan sebagainya. Tapi intinya sih, permainannya sama saja. Eh, ada yang tahu, kenapa dinamakan engklek? Hmm.. mungkin karena permainan ini dilakukan dengan cara melompat-lompat dari kotak satu ke kotak yang lain dengan menggunakan satu kaki.

Engklek

Gambar engklek punya kidnesia. Keren kaan..? Foto: dok.kidnesia

Bermain engklek bisa dilakukan oleh 2 sampai 5 orang. Cara mainnya juga gampang banget, kok! Setelah kotak-kotak digambar, kamu cukup melompat dengan menggunakan satu kaki di setiap petak-petak. Setiap anak harus punya alat bermainnya, yang disebut kerewang atau gacuk. Anak-anak biasanya membuat kerewang dari pecahan genting.

Lalu, kreweng itu ditempatkan di salah satu petak yang tergambar di tanah dengan cara dilempar. Petak yang ada gacuknya tidak boleh diinjak/ditempati oleh setiap pemain, jadi para pemain harus melompat ke petak berikutnya.

Pemain yang berhasil menyelesaikan satu putaran terlebih dahulu berhak memilih sebuah petak untuk dijadikan “sawah” yang artinya dipetak tersebut pemain yang bersangkutan dapat menginjak petak tersebut dengan dua kaki, sementara pemain lain tidak boleh menginjak petak itu selama permainan.

Pemainan ini seru banget, lho! Karena biasanya, para pemain paling sering melakukan kesalahan pada saat melempar gacuk tapi tidak pas dikotaknya atau meleset dari tempatnya. Ingin mencoba main engklek? Yuk, kita main! (Ervina/kidnesia)

comments powered by Disqus