Kamis, 18 Agustus 2011
Mengibarkan Bendera Merah Putih
  • Mengibarkan Bendera Merah Putih
    Mengibarkan Bendera Merah Putih

Mengapa kita harus mengibarkan bendera Merah Putih?

Bendera Merah Putih itu punya cerita sejarah yang panjang bangsa Indonesia sejak dari zaman Majapahit hingga masa penjajahan bangsa asing di bumi Nusantara ini.

Mengibarkan Bendera Merah Putih

Semua mengibarkan bendera Merah Putih. Foto: Kompas

Menurut salah satu sahabat Nesi, Kak Gogo Nugraha yang sudah membaca buku sejarah dan bercerita dalam Facebook-nya, bendera Merah Putih itu ternyata sudah mulai diperjuangkan sejak era Kerajaan Majapahit.

Dulu, bendera Merah Putih digunakan oleh kekaisaran terbesar yang pernah menguasai Asia Tenggara sebagai bendera kerajaan yang sakral. Kedua warna merah dan putih itu mengandung makna suci.

Merah berarti berani, putih berarti suci. Merah melambangkan tubuh manusia, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia. Keduanya saling melengkapi dan menyempurnakan untuk Indonesia.

Ketika Kerajaan Majapahit berjaya di Nusantara, warna panji-panji yang digunakan adalah merah dan putih (umbul-umbul abang putih).

Bendera Merah Putih  merupakan suar dan pemersatu Nusantara.

Konon, para prajurit Kekaisaran Majapahit diharuskan bersumpah setia sampai mati untuk melindungi dimana dan kapan pun bendera merah putih ini berada. Hebat, kan?

Mengibarkan Bendera Merah Putih

Tak hanya mengibarkan, tapi juga menghormatinya. Foto: Kompas

Nah, untuk menghormati jasa dan sumpah para prajurit dan pejuang bangsa Indonesia, maka Pemerintah Indonesia membuat beberapa dasar hukum untuk keberadaan bendera Merah Putih.

Dasar hukum tentang Bendera Merah Putih terdapat di dalam UUD 1945 pasal 35  dan Peraturan Pemerintah No. 40/1958  tentang Bendera Kebangsaan Republik Indonesia.

Jadi, jika kita mengibarkan bendera merah putih artinya, kita akan selalu menghormati sumpah dan jasa para prajurit dan pejuang dari sejak zaman Kerajaan Majapahit hingga sekarang.

Menurut kamu sendiri bagaimana? (Ervina/Kidnesia/berbagai sumber)

Comment n Share on your facebook