Rabu, 19 Juni 2013
Panjat Pinang
  • Panjat Pinang
    Panjat Pinang

Panjat pinang adalah salah satu lomba tradisional yang sering diadakan saat merayakan hari kemerdekaan Indonesia.

panjat pinang

panjat pinang

Pnjat pinang adalah tradisi yang unik dalam perayaan kemerdekaan Indonesia. Tapi tahukah kamu, bagaimana sejarah panjat pinang?

Lomba panjat pinang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda dulu, lo. Lomba ini diadakan oleh orang Belanda jika sedang mengadakan acara besar seperti hajatan atau pernikahan. Peserta yang mengikuti lomba ini adalah bangsa Indonesia.

Kalau sekarang hadiah yang tersedia biasanya alat tulis, tas, sepatu atau alat-alat rumah tangga. Kalau dulu, hadiah yang diperebutkan adalah keju, gula, serta pakaian seperti kemeja.

Orang-orang Indonesia bersusah payah memanjat pohon pinang untuk mengambil hadiahnya, sementara para penjajah hanya menonton sambil menertawakan mereka.

Nah, setelah Indonesia merdeka, ternyata perlombaan ini masih banyak disukai oleh orang Indonesia. Untuk itu panjat pinang dijadikan salah satu perlombaan dalam perayaan kemerdekaan Indonesia.

Lomba panjat pinang dalam dalam perayaan kemerdekaan Indonesia adalah bentuk perjuangan bangsa Indonesia saat dijajah dulu.

Sebagian besar orang Indonesia percaya itu adalah tantangan pendidikan yang mengajarkan orang untuk bekerja sama dan bekerja keras dalam mencapai tujuan.

Teks: AnnisAnnisaDewi, Foto: deviantart.com, internationalsilatfederation.com

Comment n Share on your facebook