Minggu, 02 Juni 2013
Sambal Matah, Sambal Khas Bali
  • Sambal Matah,  Sambal Khas Bali
    Sambal Matah, Sambal Khas Bali
matah4

Negeri kita terkenal dengan makanan pedasnya, terutama sambal-sambalnya. Sambal adalah makanan pedas yang disukai orang Indonesia.  Untuk kebanyakan orang Indonesia, kalau makan tanpa sambal tidak lengkap rasanya.

Ya, bahan utama untuk membuat sambal seperti cabe dan cabe rawit, sangat mudah ditemukan di pasar-pasar.

Indonesia adalah negeri yang kaya akan sambal. Kemana pun kita pergi, selama masih di Indonesia, kita akan menemukan sambal. Sebut saja sambal bajak (Banten), sambal pencit (Jawa Tengah), sambal kecap petis (Jawa Timur), sambal kenari (Maluku),sambal dabu-dabu (Manado), dan banyak lagi.

matah3

Semua sambal dari negeri kita  punya kelezatan masing-masing, yang bisa menambah selera makan kita. Oh, asyiknya!

Sambal Bali

Pulau Bali pun punya sambal sendiri, lo! Namanya sambal matah atau sambal mentah. Sambal ini biasanya disertakan sebagai pelengkap hidangan khas Bali. Namun di banyak restoran, sambal matah juga dihidangkan untuk melengkapi hidangan lain.Misalnya di Hotel Santika, ada hidangan ayam sambal matah dan gurame goreng sambal matah.

Rasanya? Luar biasa. Pedas, asam, dan segar. Itu membuat kita ingin makan dan terus makan. Tak heran, karena

matah2

seperti namanya, sambal ini menggunakan bahan makanan yang mentah dan segar. Bawang merah, cabe rawit, sereh, dan daun jeruk. Semua bahan itu diiris tipis-tipis. Lalu semua bahan dicampur dengan terasi udang, cuka, air jeruk limau, dengan minyak sayur yang dipanaskan.

Wah,senangnya tinggal di Indonesia yang kaya dengan masakannya yang luar biasa.

Teks dan foto : RennyYaniar

comments powered by Disqus