Mengapa Air Laut Asin?

Kidnesia.com  - Sungai tidak asin seperti laut, karena air sungai mengalirkan garam yang dikandungnya ke laut. Ada garam juga di sungai? Sebenarnya, semua air mengandung garam. Hanya saja, air laut  lebih asin  220 kali daripada air-air di tempat lain. Wah kenapa seperti itu ya? 

Air Laut Asin

Air Laut Asin. Foto-ilustrasi: dok.Bobo

Yep, kandungan garam air laut sangat banyak! Jika garam di laut bisa diangkat ke daratan, maka diperkirakan akan membentuk lapisan setinggi gedung perkantoran 40 tingkat. Wow!

Sedangkan, kandungan garam di sungai sedikit sekali. Makanya, enggak terasa asin. Tapi, biar begitu, justru sungai yang menjadi salah satu penyebab air laut penuh dengan garam.

Di seluruh pelosok dunia, sungai mengirim sekitar 40 milyar ton garam ke laut setiap tahunnya. Di laut, lama-kelamaan, garam itu mengendap di dasar laut. Pantas aja, laut itu asin.

Lalu, bagaimana dengan proses daur ulang air? Proses itu bisa saja menyebabkan air laut turun menjadi hujan ke sungai, lalu sungai menjadi asin. Ketika proses daur ulang, air-air dari berbagai sumber memang menguap.

Salah satunya, air laut. Nah, saat air laut menguap , garamnya enggak ikutan menguap. Garamnya tetap berada di laut. Jadi, sungai tidak berubah asin karena hujan atau proses daur ulang air itu. (Lita/Bobo)

comments powered by Disqus