Apa Itu Buah Zuccini?
Buah Zucchini

Buah xucchini yang mirip mentimun hijau. Foto: anchorrunfarm

Kidnesia.com  - Waah, ternyata buah zucchin i itu adalah labu .  Hihihi.. nggak sangka deh. Buah ini di dunia disebutnya Summer Squash .

Buah Zucchini  atau labu merupakan salah satu jenis sayuran eksklusif. Eh, rasanya memang nggak manis, mmm.. lebih mirip rasa labu siam dan kentang deh, kira-kira.

Di Indonesia, buah ini menjadi salah satu tambahan jenis produksi pertanian, terutama untuk bisnis sayuran eksklusif. Sayangnya, bibit buah ini masih diimpor dari luar negeri dan peredarannya belum banyak dan merata di pasaran. Biar begitu, yang suka dengan buah ini banyak, lo!

Buah ini baru bisa kita temui di restoran, hotel-hotel terkemuka, dan beberapa pasar swalayan saja. Eits.. tapi di beberapa pasar tradisional juga sudah ada kok. Itu pun belum banyak! Makanya, buah ini harus didatangkan dari Thailand, Malaysia, dan negara lainnya.

Di Indonesia, petani yang menanam buah zuccini  belum begitu banyak, hanya di daerah pertanian tertentu saja. Misalnya, di Jawa Barat, di daerah pertanian Cikole Lembang, Cipanas, dan Cianjur.

Bentuk Buah

Buah Zucchini

Zucchini kuning dan hijau. Foto: gardeningknowhow

Hmm.. labu impor ini sepintas mirip mentimun hijau.  Bedanya, buah zucchini punya tangkai buah yang lebih besar dari mentimun hijau. Panjang buah zucchini, antara 15 cm - 30 cm dengan diameter 4 cm - 10 cm. Sementara beratnya antara 200 hingga 500 gram.

Warna buah
Zucchini adalah buah yang menarik mata. Warna hijaunya bervariasi, ada yang hijau , hijau muda, dan hijau tua dengan kulit yang mengilap.  Eh, ada juga zucchini  yang warnanya kuning cerah dan mengilap. Kalau yang ini, harganya pun lebih tinggi dari zucchini yang berwarna hijau.

Nah, apakah kamu sudah pernah melihat buah zucchini ? (Kidnesia/berbagai sumber)

comments powered by Disqus