Apa itu Simbiosis?
Apa itu Simbiosis?

Bunga dan kupu-kupu adalah contoh simbiosis mutualisme.

Kidnesia.com - Kalau kamu memperhatikan dalam pelajaran IPA pasti sering mendengar kata Simbiosis. Apa itu simbiosis?  Simbiosis berasal dari bahasa Yunani, sym yang berarti dengan  dan biosis, kehidupan. Simbiosis itu merupakan hubungan antara dua makhluk yang hidup berdampingan.

Simbiosis ada beberapa jenis, yaitu simbiosis parasitisme, mutualisme, dan komensalisme. Simbiosis parasitisme adalah hubungan antara dua individu dan merugikan salah satu pihak. Contohnya, tanaman benalu dengan inangnya, cacing perut dan cacing tambang yang hidup di dalam usus manusia.

Simbiosis yang kedua, mutualisme. Ini merupakan hubungan sesama makhluk hidup yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Contohnya, bunga dan kupu-kupu. Dengan bantuan kupu-kupu, bunga bisa melakukan penyerbukan. Sebaliknya, kupu-kupu memperoleh makanan dari bunga. 

Terakhir, simbiosis komensalisme, yaitu hubungan dua makhluk dan pihak yang satu mendapat keuntungan tapi pihak lainnya tidak dirugikan dan tidak diuntungkan. Contohnya, ikan badut dengan anemon laut, tumbuhan pakis dengan anggrek dan tumbuhan yang ditumpanginya.

Wah semakin paham bukan tentang apa itu simbiosis.  Sebagai mahkluk hidup ternyata kita saling bergantung ya. Tetap jaga lingkungan sekitar ya agar simbiosis yang terjadi tidak rusak. 

Teks: Kidnesia

______________________________________________________________________________________________

Baca artikel ini juga, yuk!

- Bumi, Tempat Tinggal Makhluk Hidup

- Mengapa Makhluk Hidup Bisa Mati?

- Laika, Makhluk Hidup Pertama ke Luar Angkasa  
   

comments powered by Disqus