Bahan Nilon
nilon 1

Nilon dibuat sebagai pengganti sutera untuk parasut. Foto: keepingstocks.blogspot

Kidnesia.com -  Kalau kamu perhatikan bahan pakaian, ada bahan sutera, katun, wol, linen, dll. Semua bahan tadi terbuat dari tumbuhan atau binatang. Nah, bahan nilon  yang kamu tanyakan itu terbuat seluruhnya dari berbagai bahan kimia. Biasanya disebut bahan sintetis.Sintetis adalah sesuatu yang tidak berasal dari alam tapi sesuatu yang tiruan. Dibuat dari hasil pengolahan manusia.

Bahan nilon  pertama kali dikembangkan di tahun 1938 oleh ilmuwan Wallace Carothers. Saat itu sedang pecah Perang Dunia 2. Sebelum perang, sutera adalah satu-satunya bahan yang digunakan untuk parasut. Ketika pecah perang, pabrik di Amerika Serikat mulai mencari bahan pengganti.Kenapa? Karena Amerika Serikat tidak bisa lagi mengimpor sutera dan katun dari Asia.

Jadi, bisa dibilang penemuan nilon adalah akibat dari Perang Dunia 2 tadi.

nilon 2

Senar gitar juga terbuat dari nilon, lho!Foto: guitarforbeginnersblog

Seiring perkembangan zaman bahan nilon  tidak hanya digunakan untuk pakaian dan parasut saja lo.Nilon tidak mudah menyerap air, sehingga sering digunakan juga untuk bahan pakaian renang dan olahraga. Tahun 1938, nilon digunakan juga di sisir.Kini, nilon bisa ditemukan sebagai bahan dasar berbagai hal. Bendera, bulu sikat gigi, senar raket, stoking, karpet, hingga senar gitar.

Teks: Kidnesia,  Sumber:  NY Fashion Center Fabrics  

_________________________________________________________________

Baca artikel ini juga, yuk!

- Benang katun?

- Ini Rahasia Jaring Laba-laba Spiderman

comments powered by Disqus