Bunga Wijaya Kusuma
bunga wijaya kusuma

Bunga Wijaya Kusuma juga mengeluarkan aroma yang harum. 

Kidnesia.com - Bunga Wijaya Kusuma  yang memiliki nama latin Epiphyllum anguliger , termasuk jenis kaktus.

Dan benar, bunga Wijayakusuma hanya merekah beberapa saat saja di malam hari dan tidak semua dapat berbunga dengan mudah. Semua itu tergantung dari iklim, kesuburan tanah dan cara pemeliharaan.

Bunga ini dapat tumbuh dengan baik di tempat yang tidak terlalu panas. Bila akan ditanam dalam pot, maka akan lebih baik diberi media tanam campuran lumut, hancuran batang paku tiang, dan pasir bersih sedikit, seperti yang dipakai untuk menanam anggrek.

Jangan lupa minta bantu ayah dan ibu, jika ingin menanamnya.

Bunga wijaya kusuma

Bunga yang cantik, yah! 

Asal muasal bunga Wijaya Kusuma ini dari hutan belantara tropis yang teduh. Hutan ini menjadi tempat yang paling banyak ditemukan si bunga karena jauh dari sengatan matahari.

Bunga Wijaya Kusuma  biasanya berbunga setahun sekali pada musim hujan dan berkembang mekar di malam hari dengan indahnya.

Nah, ada arti khusus dibalik nama bunga itu, lo! Ada yang tahu? Nesi, jelaskan, ya. Wijaya adalah kemenangan, Kusuma adalah kembang atau bunga. Jadi arti Wijaya Kusuma adalah kembang atau bunga kemenangan.

Karena artinya bunga kemenangan, seringkali orang mengartikannya sebagai pembawa keberuntungan. Padahal...mitos ini belum tentu benar, lo! Bahkan ada pula yang mengganggap bunga ini bersifat mistis. Itu karena bunga berwarna putih bersih ini mengeluarkan aroma yang harum. Hihihi...gara-gara beraroma harum jadi bersifat mistis!

Mau tahu mitos yang lain? Katanya, nih, bunga ini hanya akan berbunga jika ditanam oleh keluarga yang harmonis. Jangan buru-buru percaya dulu! Kalau berdasarkan logika, keluarga yang harmonis tentu akan punya banyak waktu luang.

Mereka tentu dengan senang hati merawat bunga Wijaya Kusuma. Nah, kalau keluarga yang tidak harmonis, tidak pernah akur. Jarang sekali punya waktu kosong untuk seluruh keluarga.

Teks: Annisa, Foto: ajaib.us

_____________________________________________________________________________________________

Baca artikel ini juga, yuk!

- Bunga Kantil yang Harum Semerbak

- Mahkota Bunga

comments powered by Disqus