Cerita Merah Putih

"Tujuh belas Agustus tahun empat lima, itulah hari kemerdekaan kita, hari merdeka nusa dan bangsa.... "

Semangatnya mendengar lagu Hari Merdeka ciptaan H. Mutahar, apalagi menjelang hari kemerdekaan yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus.Deretan bendera Merah Putih pun berkibar di setiap rumah.

bendera

Bendera merah putih sudah digunakan sejak tahun 1924, lho. Foto: blogspot

Namun, apakah kamu sudah tahu cerita tentang bendera Merah Putih? Simak, penjelasan dari Nesi, yuk!

Tahun 1944 menjadi tahun resmi terpilihnya bendera merah dan putih sebagai bendera negara kita.

Panitia lambang Negara yang diketuai oleh Ki Hajar Dewantara dan sebagai penasihatnya, Bapak Soekarno dan Bapak Muhammad Hatta telah menetapkan bendera bangsa Indonesia.

Bendera merah putih sudah sering digunakan sebelum diresmikan. Ada beberapa bukti yang menguatkan hal itu. Prasasti Gunung Butak tahun 1924 menulisakan pemberontakan Kediri melawan Singasari. Kediri pun mengibarkan bendera merah putih.

Mpu Prapanca mencatat dalam Kitab Negarakertagama pada tahun 1365 bahwa Majapahit adalah keraton merah putih. Selain itu, Kerajaan Mataram memuliakan bendera ini yang disebut dengan gula kelapa.

Saat perang Dipenogoro terjadi tahun 1825, bendera merah putih dikibarkan sebagai tanda perjuangan rakyat melawan penjajah.

Selanjutnya, Perhimpunan Indonesia atau Indische Vereeniging yang didirikan tahun 1908 menggunakan bendera merah purih sebagai bendera organisasi dengan gambar kepala banteng.

Jadi, memang dari dulu bendera merah putih itu sudah digunakan dan menjadi pilihan yang tepat bagi bangsa Indonesia. Oh, iya ngomong-ngomong mendekati hari Kemerdekaan Indonesia, kamu sudah mengibarkan bendera merah putih belum? (Lita/Bobo/Annisa/Kidnesia)

comments powered by Disqus