Irigasi Gondok

Masih ingat semangat Let’s be the Greeners  yang disuarakan pada Konferensi Anak  majalah Bobo beberapa waktu lalu?

Ya, untuk ikut mengatasi masalah pemanasan global yang melanda Planet Bumi, kita bisa melakukan dengan menanam pohon.

irigasi gondok

Kantong plastik berisi air yang ditempel di pohon inilah yang disebut irigasi gondok. Sumber foto: antarasumbar.com/Dok. Pribadi

Menurut pengalaman teman-teman delegasi Konferensi Anak, menanam pohon itu mudah sekali. Yang sulit itu merawatnya.

Itu betul sekali. Memang, setelah menanam, kita kadang lupa tidak menyiram setiap hari, sehingga bibit pohon mati karena akarnya belum bisa menyerap air.

Sayang, kan, kalau bibit yang sudah dibeli mahal mati, gara-gara lupa menyiram. Padahal, ada cara sederhana untuk mengatasinya. Pakai saja sistem irigasi gondok.

Cara membuat irigasi gondok sangat mudah. Yang diperlukan hanya plastik kantong gula. Potong bagian bawahnya agar bolong. Setelah bibit pohon ditanam, kurangi daunnya untuk mengurangi penguapan.

Langkah berikutnya, masukkan kantong plastik yang sudah bolong tadi dari arah pucuk sampai pangkal batang.
Ikat ujung plastik bagian bawah dengan kuat agar air tidak bocor. Isi air secukupnya dan ikat kuat-kuat ujung bagian atas. Irigasi gondok sudah jadi.

Dengan cara ini, tanaman akan menyerap air melalui kulit batang sebelum akarnya berfungsi dengan baik. Kalau tidak ada kebocoran, air dalam irigasi gondok bisa bertahan sampai beberapa bulan. Kalau pohon sudah tumbuh tunas-tunas baru, itu tandanya akar pohon sudah berfungsi.

Sekarang, tiba saatnya irigasi gondok dibuka. Jangan lupa talinya dilepas, agar batang tidak tercekek oleh tali.

Oya, irigasi gondok ini diperkenalkan oleh Ibu Rasmi R. Dia adalah peneliti dari kantor Ketahanan Pangan, Pemerintahan Kota Padang.

Teknologi sederhana ini bisa diterapkan untuk menunjang program penghijauan yang dilakukan di tanah-tanah gundul dan sulit air.

Dengan irigasi gondok, kemungkinan hidup bibit pohon yang sudah ditanam akan lebih besar. Kalau bibit yang ditanam banyak yang hidup, kita bisa ikut menyelamatkan bumi dari bencana kekeringan.

Selamat mencoba. Let’s be the Greeners. (Sigit Wahyu)

    mukhsin alfikri
    11-05-2012 03:30
  • kern Cool
    nabilla feirizky
    11-05-2012 12:20
  • waaaahh... Very Happy

Comment n Share on your facebook