Kehidupan Manusia Purba

Kidnesia.com - Ada beberapa tahapan atau masa dalam kehidupan manusia purba , diantaranya yaitu:

manusia purba

Manusia purba yang berburu.

A. Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan

Pada  masa ini kehidupan manusia purba sangat bergantung kepada sumber daya alam. Mereka mengumpulkan umbi-umbian liar dan melakukan perburuan.

Hidupnya juga masih berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Awalnya mereka hidup sendiri-sendiri, namun untuk menghadapi keadaan alam yang berat dan makhluk buas, mereka telah menyadari pentingnya hidup berkelompok.

B. Masa Bercocok Tanam

Manusia purba telah bisa menyediakan makanannya sendiri dengan cara bercocok tanam dan beternak. Pada masa ini mereka sudah menetap.

Mereka membuat rumah dari kayu dan tinggal di suatu daerah sambil menunggu waktu panen. Ketika tanah yang dijadikan lahan untuk bercocok tanam sudah tidak subur, baru mereka akan berpindah tempat.

Pada zaman ini, manusia diperkirakan telah mengenal pakaian yang terbuat dari kulit binatang atau kulit kayu.

C. Masa Mengenal Kepercayaan

Pada masa ini manusia purba mulai menyadari adanya kekuatan yang melebihi dirinya, sehingga mereka melakukan upacara-upacara.

Selain itu, dibuat bangunan-bangunan yang sangat besar untuk digunakan dalam upacara tersebut. Upacara tersebut antara lain upacara pemujaan, upacara ritual dan upacara persembahan. 

D. Masa Perundagian

Awalnya alat-alat yang mereka gunakan untuk bertahan hidup hanya batu runcing, kapak, tulang dan kayu. Nah, pada masa ini manusia mulai membuat barang-barang yang berasal dari logam.

Mereka membuat barang-barang logam ini dengan cara mencetaknya. Oh iya, bahkan sudah ada sistem pertukaran untuk mendapatkan logam.

Seperti itulah kehidupan manusia purba. Jauh berbeda dengan kehidupan kita saat ini. Bener enggak? Adakah yang mau merasakan kehidupan zaman purba?

Teks: Annisa, Foto: oppb.webs

_________________________________________________________________________________________________________

Baca artikel ini juga, yuk!

- Orang Purba Tidak Sakit Gigi?

- Misteri Manusia Purba di Gua Harimau

comments powered by Disqus