Kehidupan Manusia Purba

Kidnesia.com - Kehidupan manusia purba memang berbeda dengan kita. Manusia zaman prak-akasara atau yang lebih dikenal dengan manusia purba selalu berpindah tempat tinggal atau biasa disebut nomaden.

Kehidupan Manusia Purba

Manusia purba hidup nomaden dan berburu untuk mencari makanan

Zaman purba itu tidak semuanya serba ada seperti sekarang, loh! Manusia harus berburu supaya bisa makan. Untuk masak atau menghangatkan tubuh pun mereka harus belajar menghasilkan api. Semuanya membuat kehidupan manusia purba menjadi terbatas.

Nah, karena keterbatasan itu juga, mereka belum bisa membuat rumah yang tetap. Ada yang tinggal di gua namun ada juga yang sudah bisa mendirikan tempat berlindung dari potongan kayu yang ditutupi kulit dan tulang hewan, termasuk tulang marmut, jenis binatang purba. Tentu saja, tempat itu tidak sekuat seperti rumah yang terbuat dari semen seperti saat ini.

Keterbatasan itu yang akhirnya membuat manusia purba hidup berindah tempat. Mereka tidak bisa menetap karena butuh tempat tinggal baru jika yang lama telah rusak. Selain itu, mereka harus berburu makanan karena belum bisa menghasilkan sendiri atau belum mengenal bercocok tanam.

Hmm, kalau hanya bergantung di satu tempat saja, hewanyang mereka buru, lama-lama akan habis dan bisa kelaparan. Oleh karena itu, akhirnya kehidupan manusia purba menjadi nomaden.

Teks: Niken, Foto: museumonline

___________________________________________________________________________________________

Baca artikel ini juga, yuk!

- Misteri Manusia Purba di Gua Harimau

- Orang Purba Tidak Sakit Gigi

- Rahasia Api dan Manusia

comments powered by Disqus