Meranti Si Bunga Helikopter
biji meranti helikopter

Sayapnya melindungi biji meranti agar tidak pecah. Sumber foto: rnet.in

Kidnesia.com - Pohon meranti  (Shorea macrophylla ) termasuk tanaman hutan yang berharga. Batang kayunya kuat, banyak dipakai untuk membuat rumah.

Pohon meranti adalah tanaman asli hutan Kalimantan.  Ssst, pohon meranti itu pohon tertinggi di hutan tropis, lo. Tingginya bisa mencapai 60 meter.

Uniknya, biji meranti punya sayap (Dipterocarpaceae ). Hmm, rupanya, induk biji meranti tahu. Bijinya perlu sayap agar tidak pecah saat mendarat di tanah.

Yups, soalnya, biji meranti harus terjun dari induk pohonnya yang sangat tinggi. Wiiiing... Biji meranti pun terbang seperti  helikopter!

pohon meranti

Pohon tertinggi di hutan tropis.

Penduduk suku Dayak di Kalimantan menganggap pohon meranti sebagai pohon keramat. Mereka dilarang menebang pohon meranti sembarangan karena pohon meranti sangat berharga. Baik sebagai sumber kayu dan sumber makanan yang lezat bagi orang Dayak.

Biji meranti selezat kacang chestnut, khas Itali. Orang Dayak menyebut biji meranti sebagai buah tengkawang. Panen biji meranti sangat ditunggu-tunggu. Biji tengkawang ini akan mereka olah menjadi minyak goreng.

Babi hutan juga suka makan biji meranti. Mereka suka berkerumun di bawah pohon meranti saat musim meranti berbuah. Hmm, orang Dayak pun jadi mudah berburu babi, deh.

Teks: Rna

_______________________________________________________________________________________

Baca artikel ini juga, yuk! 

- Makan di Dalam Pohon Baobab

- Lerak, Pohon Sabun Khas Indonesia

- Pohon Enau, Bergetah Tapi Disukai

comments powered by Disqus