Penemu Biola
biola

Ayo, sebutkan bagian -bagian biola!

Kidnesia.com - Biola, si alat musik gesek sudah ada sejak abad 16. Siapa penemu biola, ya?

Alat musik biola termasuk salah satu jenis dari kelompok Violin yang terdiri dari, biola kecil, biola menengah, biola besar dan biola-bass.

Perbedaan terletak pada ukuran namun cara berbunyi dan cara resonansinya sama.Biola dimainkan dengan cara digesek karena itu termasuk alat musik gesek.

Asal usul alat musik gesek sudah ada sejak dulu. Biola modern, paling awal muncul abad ke 16 (sekitar th 1520) di Italia-utara. Abad 16 adalah masa kejayaan bagi zaman Renaissance. Karena banyak dipengaruhi Renaissance, lama-lama biola mengarah ke bentuk modern sekarang ini.

Pembuatan biola lebih diperhalus, proses desainnya sesuai dengan teknologi dan keindahan bentuk. Apalagi suaranya yang indah, nyaring, kuat serta lincah menonjolkan ciri alat musik zaman sekarang.

biola

Alat musik gesek ini sudah ada sejak abad ke-16. Wah, lamaa sekali!

Memang tidak diketahui pasti siapa yang menciptakan biola. Namun, biola tertua yang memiliki empat senar seperti biola modern dibuat oleh Andrea Amati sekitar tahun 1555.

Biola pun jadi populer, baik di antara para pemusik jalanan maupun para bangsawan. Buktinya, raja Perancis Charles IX menyuruh Amati untuk membuat 24 biola untuknya pada tahun 1560.

Biola tertua yang masih ada saat ini adalah salah satu dari ke-24 biola ini, dan diberi nama "Charles IX", dibuat di Cremona tahun c.1560.

Teks: Annisa, Foto: Wikimedia Commons

_______________________________________________________________________________

Baca artikel ini juga, yuk!

- Clarissa Tamara, Pemain Biola Tercepat di Dunia

- Orkestra Musik yang Membebaskan

- Orkestra atau Konser?

comments powered by Disqus