Siapakah Burung Garuda itu?
burung garuda

Burung Garuda, lambang negara Indonesia.

Kidnesia.com - Siapakah  sebenarnya burung Garuda itu ? Apakah burung garuda  benar-benar ada di alam Indonesia?

Dalam dongeng Mahabarata, burung Garuda digambarkan sebagai burung yang perkasa, setia kawan, dan berani. Burung Garuda adalah kendaraan Dewa Wisnu ketika berkelana ke penjuru Bumi.

Burung Garuda,sebagai  lambang negara Indonesia, digambarkan sebagai burung berjambul dan berbulu emas.

Para ahli burung sudah lama mencari burung yang dianggap mewakili keperkasaan dan sifat burung Garuda. Gambar lambang negara Indonesia hanya memberi petunjuk burung Garuda adalah burung berjambul. Selebihnya, sifat burung Garuda digambarkan para pendiri negara Indonesia berdasar dongeng Mahabarata.

burung elang jawa

Burung Elang Jawa mirip burung Garuda.

Dari sekian banyak burung Indonesia, ada satu burung yang dianggap memiliki ciri-ciri burung Garuda . Itulah burung Elang Jawa (Spizaetus bartelsi ). 

Burung Elang Jawa termasuk burung asli atau burung endemik Pulau Jawa. Jumlahnya sekarang sudah sangat langka dan sulit ditemukan. Saat ini diperkirakan hanya ada sekitar 600 ekor burung Elang Jawa di Pulau Jawa. 

Oleh karena itu Lembaga Burung Indonesia menetapkan burung Elang Jawa sebagai burung yang terancam punah.

Burung Elang Jawa suka tinggal di hutan belantara atau hutan primer yang lembab. Burung Elang Jawa betina biasanya bertelur dua tahun sekali, sekitar bulan Januari sampai Juli. 

Ssst, burung Elang Jawa sangat suka menu makanan burung kecil, ular dan kadal. Wah, dengan kemampuan terbangnya yang tinggi, paruhnya yang tajam, dan matanya yang awas, burung Elang Jawa dapat menangkap mangsanya dengan mudah.

burung elang jawa

Burung Elang Jawa suka menjelajah, matanya awas dan kuat tubuhnya.

Hutan yang disukai burung Elang Jawa memang banyak hilang. Namun, kita berharap burung Elang Jawa atau burung Garuda  Indonesia tetap ada selamanya.

 Terbanglah tinggi burung Garudaku

 Terbanglah tinggi burung Elang Jawaku

 Aku akan menjaga hutan tempat tinggalmu

Teks: Rna, Foto: Istimewa

___________________________________________________________________________________________

Baca artikel ini juga, yuk!

- Tawon Garuda dari Sulawesi

- Burung Langka di Ketapang

comments powered by Disqus