Trenggiling, Si Bola Bersisik
trenggiling 10a

Weeek... si Trenggiling menjulurkan lidah. 

Kidnesia.com - Trenggiling  adalah hewan berkaki empat yang tidak punya gigi.
Trenggiling adalah hewan khas Asia. Di Indonesia, trenggiling hidup di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Trenggiling memang suka hidup di hutan tropis.

 
Untuk Makanan

Salah satu keistimewaan trenggiling adalah moncong dan lidahnya yang panjang sekali. Lidahnya bisa terjulur sampai sepertiga panjang tubuhnya. Wuiiih... panjang, ya! Selain panjang, lidahnya juga lengket. Fungsinya untuk menangkap semut dan rayap, makanannya.

Trenggiling juga punya cakar yang kuat untuk menggali tanah tempat tinggal semut. Juga untuk mendobrak sarang rayap. Demi mempermudah mencari makan, hidung trenggiling juga sangat tajam.

Trenggiling biasa mencari makan di malam hari. Yap, trenggiling memang termasuk makhluk nocturnal atau hewan yang aktif di malam hari. Seperti kelewar.

pangolin-better-close-up

Trenggiling bersisik keras, tapi mukanya imut yaa... 

Untuk Pertahanan Diri

Eh, kamu tahu, kan, yang namanya mamalia itu binatang yang melahirkan dan menyusui anaknya? Seperti kucing, kelinci, marmut. Nah, trenggiling ini juga termasuk mamalia. Namun, berbeda dengan hewan-hewan mamalia yang biasanya berbulu lembut, trenggiling malah bersisik keras seperti dilapis perisai.

Perisai sisik ini berfungsi menjadi pertahanan tubuhnya.

Bagian tubuh trenggiling yang lunak ada pada daerah dada dan perutnya. Jika ada bahaya, hup! Si trenggiling  berubah jadi bola bersisik  keras. Yap, dia meringkal menjadi bola, melindungi bagian tubuhnya yang lunak.

Ssst... ekor trenggiling juga bisa menajdi senjata, lo. Ekornya panjang dan bersisik keras. Bayangkan jika kena sabetan ekornya! Wuuush!

Trenggiling

Trenggiling yang mirip bola. 

Dari Harimau, Macan, Sampai Manusia

Musuh trenggiling ternyata banyak, lo. Enggak heran, dia dilengkapi perisai sisik dan senjata ekor. Musuhnya adalah harimau, macan, dan yang paling berbahaya adalah manusia!

Kabarnya daging trenggiling itu enak dimakan. Sisiknya yang keras itu bisa menjadi obat. Kulitnya suka dijadikan tas. Aduuuh... kasihan sekali si trenggiling! Karena sering diburu manusia, trenggiling kini terancam punah.

Teks:  dikha, Foto: dok.bobo

______________________ ______________________________________________________________________

Baca artikel ini juga, yuk!

- Dari Armadillo ke Maskot Piala Dunia 2014

- Setiap Hewan Indonesia Punya Cerita

comments powered by Disqus