Ada Hewan Aneh Di Bawah Laut!
timun sulur

Ini dia timun sulur.sumber:kompas.com

Teman-teman pasti sudah pernah lihat ikan lumba-lumba atau ikan paus, kan?

Nah, bagaimana dengan hewan-hewan aneh seperti timun laut bersulur? Nesi belum pernah lihat, lho! Teman-teman ada yang sudah pernah lihat?

Dan tidak hanya itu saja, ada juga hewan aneh lainnya, seperti ikan yang suka mengepakkan sepasang sirip besarnya. Persis seperti telinga 'dumbo' yang ada di karakter gajah Walt Disney.

Ada juga jenis cacing yang biasanya hanya kamu temui di tanah tapi yang ini hidupnya di dasar samudera! Namanya, cacing tabung. Bayangkan, cacing ini hanya makan minyak saja. Wah, Nesi sih taunya cacing enggak makan minyak. Hihi ada-ada saja yah jenis hewan di bawah laut!

Masih ada lagi lho jenis hewan yang lebih aneh. Jumlahnya sekitar 17.650 spesies, wuiihh.. banyak banget, kan? Dan mereka bisa bertahan hidup di kedalaman samudera yang gelap gulita.

Banyaknya spesies juga membuat para ilmuwan juga ikut kaget. Karena ternyata memang ada ribuan bahkan jutaan spesies di dasar laut yang selama ini belum diketahui. Tidak gampang lho menemukan jenis-jenis he

Cacing tabung

Bentuknya mirip tabung yah. sumber: img245.imageshack.us

wan langka di dasar laut. Ilmuwan yang meneliti saja jumlahnya lebih dari 2.000.

Mereka meneliti ke dalam jurang dasar laut. Biayanya mahal lho. Kira-kira 50.000 dollar. Hmm kalau dalam rupiah kira-kira mencapai 500 juta. Wah, uang Nesi kayaknya tidak cukup tuh hehehe!

Apa sih makanan hewan ya ng ada di dasar laut?

Hewan-hewan itu mengkonsumsi bahan-bahan yang sudah membusuk dan tenggelam. Tulang-belulang dari ikan paus pun tak luput dari santapan mereka. Nesi juga baru tahu nih, minyak dan metana pun jadi makanan sehari-hari. Bisa dibilang zat inilah sumber energi mereka.

Sekarang, Nesi jadi tambah mengerti nih! Engga cuma ikan saja yang hidup di laut. Cacing juga ada di laut! Dan masih banyak lagi hewan-hewan lainnya yang unik. (Annisa/Kidnesia/Kompas.com)

Nesi:
Bisakah teman-teman menyebutkan hewan laut yang aneh lainnya??

comments powered by Disqus