Gunung Berdekatan Di Mars

Tidak hanya Bumi, lho, yang punya gunung-gunung tinggi menjulang. Planet Mars pun juga tak mau kalah. Nah, baru-baru ini European Space Agency (ESA) berhasil membuat foto dua gunung yang berdekatan di planet merah itu.

Dua gunung tersebut adalah Ceraunius Tholus dan Uranius Tholus . Wah, namanya memang terdengar agak aneh dan sulit diucapkan.

Ceraunius Tholus adalah gunung yang lebih besar dengan luas yang merentang selebar 130 km, tinggi menjulang 5,5 km, dan caldera yang berdiameter 25 km.

Gunung di Mars

Dua gunung di Mars ini saling berdekatan. Foto:ESA/DLR/FU Berlin (G. Neukum)

Kalau kamu lihat pada gambar, tampak puncak Ceraunius Tholus berwarna kelabu.

Sementara bagian lain yang berwarna violet adalah Kawah Rahe yang berukuran 35 x 18 km. Kawah tersebut diduga terbentuk akibat meteorit. Ckckck!

Uranius Tholus, gunung yang lebih kecil berada di 60 km sebelah utara Ceraunius Tholus. Hmm, agak jauh, tapi kalau dilihat pada foto memang terlihat lebih dekat.

Diameter dasar Uranius Tholus mencapai 62 km dengan tinggi 4,5 km. Kawah berdiameter 13 km. Di bagian puncak Uranius terlihat bagian dasar caldera yang sangat halus.

Saat Mars bersuhu tinggi, bagian itu menjadi danau. Bahkan, bisa jadi, caldera atau danau itu adalah hasil pelelehan es yang terbentuk di bawah permukaan.

Selain kedua gunung ini, Mars juga memiliki gunung yang dikenal terbesar di tata surya, yakni Olympus. Pada tahun 2004, Mars Express memberikan penjelasan yang detail dan lengkap tentang gunung-gunung di Mars.

Siapa mau coba menaiki gunung di Mars? (Annisa/Kidnesia/Kompas.com)

comments powered by Disqus