Ini Dia Penemu Matematika

Kidnesia.com - Kapan matematika itu ada? Siapa penemu rumus-rumus yang rumit itu?

Penemu Matematika

Euler, Penemu Rumus Matematika. Foto: media.isnet.org

Menurut buku yang Nesi baca berjudul "Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah" yang dikarang oleh Michael H. Hart, pada abad ke-17 di negara Swiss ada seorang yang ahli pelajaran matematika (matemaikus) yang sekaligus seorang ahli dalam bidang fisika. Namanya Leonhard Euler

Ia dikenal sebagai ilmuwan terkemuka sepanjang masa. Hasil karyanya mempengaruhi penggunaan semua bidang fisika dan matematika. Ia pernah lho, menulis 32 buku lengkap dan beratus-ratus artikel tentang matematika dan ilmu pengetahuan. Wuiih... cerdas banget kan tuh!

Dalam bidang matematika, Euler jago menganalisa secara matematis, mulai dari masalah astronomi (matahari-bumi-bulan). Hasil analisis matematika yang digunakan Euler juga akhirnya membuat Joseph Louis Lagrange (ahli matematika-fisika asal Prancis) berhasil menemukan serentetan rumus yang bisa digunakan untuk memecahkan berbagai masalah mekanika.

Nah, rumus dasar yang dipakai oleh Jospeh Louis itu adalah rumusnya Euler. Makanya sampai sekarang, rumus itu dikenal dengan rumus Euler-Lagrange.
Dalam urusan matematika, Euler khusus tertarik di bidang kalkulus, rumus diferensial, dan ketidakterbatasan suatu jumlah . Sumbangannya di bidang variasi kalkulus dan terhadap teori tentang kekompleksan jumlah merupakan dasar dari semua perkembangan matematika modern yang digunakan sampai sekarang.

Leonhard Euler

Leonhard Euler. Foto: polito.it

Dari rumus formula Euler juga akhirnya ditemukan hubungan antara fungsi trigonometri dan jumlah imaginer . Rumus ini juga berhasil menemukan logaritma tentang jumlah negatif. Euler juga menulis sebuah textbook tentang geometri analitis dan membuat sumbangan penting dalam bidang geometri diferensial dan geometri biasa.

Akhirnya, Euler memberi sumbangan penting buat sistem lambang jumlah matematik masa kini. Misalnya, dia bertanggung jawab untuk penggunaan umum huruf Yunani untuk menerangkan rasio antara keliling lingkaran terhadap diameternya . Dia juga memperkenalkan banyak sistem tanda yang cocok yang kini umum dipakai di bidang matematika.

Teks: Ervina, Foto: Dok. Kidnesia

______________________________________________________________________________________

Baca artikel ini juga, yuk!

- Kisah Hidup Penemu Rumus Matematika