Makanan Sehat iGeneration
iGeneration

Anak iGeneration biasa main internet dan gadget. Foto: Istimewa

Anak-anak sekarang dijuluki sebagai anak-anak generasi Internet  (iGeneration ) karena sehari-hari selalu berhubungan dengan internet. Anak-anak iGeneration  kebanyakan membuat keputusan sendiri. Baik itu keputusan tentang apa yang mereka pakai, makanan kesukaan mereka, dan liburan yang mereka inginkan.

Ssst, jika kita diberi kepercayaan memilih makanan sendiri, makanan apa yang sebaiknya kita makan supaya sehat? Hmm, ternyata makanan itu harus lengkap supaya tubuh manusia jadi sehat.

Buah dan Sayur  

Tiap makan pagi, siang dan malam selalu memakai sayur. Buah dimakan setelah sarapan, makan siang, dan makan malam.

Karbohidrat  

Karbohidrat itu jenis makanan seperti nasi, roti, kentang, nasi jagung, tiwul, bulgur, sagu, kentang. Kita perlu karbohidrat sepertiga dari isi piring yang bisa kita makan.

Protein

Protein adalah jenis makanan seperti telur, daging sapi, ikan, daging ayam, kacang, susu. Dari isi piring yang kita makan, sebaiknya dua pertiga berupa protein.

Lemak dan Gula

Makanan jajanan biasanya mengandung banyak lemak dan gula. Hmm, apakah kita tidak boleh makan jajanan seperti es krim dan permen? Boleh saja asal tidak banyak.  Misalnya, jika kita makan biskuit dan cokelat, ahli nutrisi menyarankan hanya makan 2 buah biskuit dan satu batang kecil cokelat dalam sehari.

makanan sehat iGen

Makanan sehat iGeneration. Foto: Istimewa

Hmm, jika saat ini kalian belum suka sayur dan buah, mulailah menyukainya. Buah bisa dibuat jus yang asyik. Sayur bisa dimasak dengan enak. Minta ibu memasak sayur dengan menarik. Misalnya, membuat shabu-shabu seperti di film Naruto. Saat kita makan sayur, bayangkan saja kita makan sayur bareng Naruto. Kita semua tentu ingin jadi iGeneration  yang sehat.

(Johanna Ernawati)

Sumber: BBC NI Schools

comments powered by Disqus