Mata Kedutan
Mata

Indahnya Mata. Foto: skyrock.net

Memang agak risih kalau tiba-tiba mata (salah satu panca indera) kita berkedut-kedut. Meski tak terlihat oleh orang lain dan tidak sakit, tapi rasanya tetap saja menganggu. Dut, dut, dut... aaarrgghh... !!!

Kedutan pada mata bisa terjadi pada beberapa bagian, misalnya pada kelopak mata kanan atas/bawah (di tengah/di ujung mata) atau kelopak mata kiri atas/bawah (di tengah/di ujung mata). Kedutan biasanya terjadi hanya beberapa detik saja. Oleh karena itu tidak selalu terihat oleh orang lain, hanya bisa dirasakan saja.

Beberapa orang macam-macam mengartikan kedutan. Ada yang bilang, kalau kedutan pada kelopak mata kiri, kita akan bertemu dengan orang yang kita cintai. Kalau kedutannya pada mata sebelah kanan, kita akan menangis. Masa sih???

Apa Sebab Mata Berkedut?

Mata

Mata Lelah Penyebab Tik. Foto: galleryphoto.net

Kedutan pada mata menurut istilah kedokteran disebut TIK. Menurut dr Widya Sarkawi SpS, salah satu staf medis di RS Pertamina Jakarta, tik terjadi karena gerakan sekelompok otot yang terkoordinir dan berulang. Umumnya disebabkan karena stres dan lelah pada mata kita.

Gejala lainnya penyebab kedutan atau tik ini adalah fasikulasi , yaitu berkerutnya sekelompok serabut otot yang bisa dilihat dan dirasakan sebagai getaran/denyutan di bawah kulit. Gerakan otot ini sangat halus, jadi hanya bisa dirasakan oleh orang yang mengalaminya.

Berbahayakah untuk Kesehatan?
Sejauh ini, mata kedutan memang tidak berbahaya. Meski begitu, tetap saja mengganggu bagi mereka yang mengalaminya. Apalagi kalau sering, sehingga mengganggu saat sedang beraktivitas.

Mata Kedutan

Mata Kedutan. Foto: istimewa

Apakah Matamu Pernah Kedutan?
Mungkin semua orang sudah pernah merasakan kedutan (tik). Tapi pada umumnya, kedutan pada mata akan lebih sering muncul pada usia 40 tahun atau lebih.

Bagi mereka yang menderita stroke, kedutan juga sering timbul. Selain itu, mereka yang sering mengalami kelelahan pada mata juga rentan terhadap kedutan.

Bisakah Tik Dihilangkan/Disembuhkan
Secara medis, tik bisa disebuhkan dengan obat-obatan. Tentu saja, bukan sembarang obat, melainkan obat dengan resep dan anjuran dari dokter.

Nah, obat yang diberikan itu bisa melemaskan otot. Hanya saja, obat tersebut hanya diberikan pada mereka yang sering mengalami kedutan.

Namun, pada umumnya, tik atau kedutan itu bisa hilang sendiri, sekalipun dibiarkan. Tak perlulah dipijat-pijat atau diberi obat. Normal saja kok, bagi mereka yang matanya kelelahan mengalami kedutan. Tapi, kalau sudah terlalu sering, cepat-cepat ke dokter ya! (Ervina/berbagai sumber)

    Muhammad Ravi ramadhan
    14-04-2011 07:32
  • kedutan mengganggu Confused
    msh inget irene? I'm back!
    13-03-2011 06:36
  • aku pernah tuh disekolah, lagi ngobrol sama temen
    Nur Fatimah Maharani
    29-01-2011 09:40
  • Aku juga pernah.... Kayak naik2 sendiri gitu deh. Tapi cuma bentar
    LittLe TaNia
    14-12-2009 01:43
  • mungkin aq jga prnah. mungkin g prnah. rasa'y hari itu kelopak mata bwhku kayak naik2 gitu,hbs tu kukedipkan mataku ilang deh. tu kedutan atw bkn ya? Question
    Shania Tamara
    13-12-2009 11:59
  • rasanya tidak enak ya? Smile

Comment n Share on your facebook