Penemu Minuman Bersoda
penemu soda

Berkat Joseph Priestley, kita bisa menikmati minuman bersoda.

Kidnesia.com - Apakah kamu suka minum minuman bersoda? Kira-kira siapa, ya, yang menemukan minuman ini?

Penemu minuman bersoda  adalah Joseph Priestley. Seorang pria hebat yang berasal dari Inggris. Joseph ini dikenal sebagai orang yang selalu gigih dalam belajar dan rasa ingin tahunya sangat besar.

Tidak banyak yang tahu kalo Joseph Priestleylah sang penemu minuman soda. Kisahnya berawal dari tempat pembuatan bir yang terletak di seberang rumahnya. Priestley tertarik oleh udara di permukaan gandum fermentasi yang terasa berbeda.

Dia mengamati sifat udara yang dapat memadamkan api sisa pembakaran kepingan kayu. Priestley menyebut gas tersebut dengan nama ‘gas pasti’ (fixed gas). Karena penasaran, Priestley memproduksi sendiri ‘gas pasti’ tersebut di rumahnya.

Setibanya di rumah, Priestly melarutkan gas pasti dalam air hingga diperoleh air yang rasanya tajam. Itulah air berkarbonasi, yang kini sangat populer sebagai minuman bersoda ! Ia dengan antusias menawarkan air hasil percobaannya ini sebagai minuman segar kepada teman-temannya.

Teks: Ervina, Foto: harvardsquarelibrary/kompas.com

_____________________________________________________________________________________________________________________________

Baca artikel ini juga, yuk!

- Limun Sarsaparila, Minuman Soda Pertama di Indonesia

- Soda Gembira Jeli

comments powered by Disqus